Tarif Angkutan Umum di Banda Aceh Naik, Ini Besarannya

,Antara
Tarif angkot di Banda Aceh naik imbas kenaikan bbm (Ilustrasi sopir angkot/MPI)

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id - Tarif angkutan umum di Banda Aceh naik. Hal ini terjadi setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM).

Yofi, salah seorang penjual tiket angkutan umum di Terminal Tipe A, Batoh, Banda Aceh, mengatakan tarif angkutan umum jenis Hiace dan L300 terpaksa dinaikkan sekitar 20 persen per 300 km jarak tempuh karena kenaikan harga BBM bersubsidi.

"Sebelumnya jarak Banda Aceh-Meulaboh Rp120.000, tetapi sekarang menjadi Rp140.000, sedangkan L300 sebelumnya Rp100.000 jadi Rp120.000," kata Yofi, Senin (5/9/2022).

Yofi menambahkan, kenaikan tarif angkutan tersebut ketentuan dari seluruh loket dan mulai berlaku sejak Minggu kemarin (4/9/2022).

"Kami menaikkan sedikit karena sudah naik BBM. Kalau tidak dinaikkan, tidak cocok biaya perjalanan dengan biaya bensin sehingga tidak bisa berangkat," katanya.

Menurutnya, kenaikan tarif tersebut masih bersifat sementara karena masih belum menerima surat edaran dari pemerintah.

Ubay, penjual tiket lainnyajuga mengaku telah menaikkan tarif angkutan umum baik, laut, darat, maupun udara imbas dari kenaikan BBM sesuai dengan skema tarif.

"Kita naikkan tarif angkutan umum sesuai dengan ketentuan batas atas, boleh dinaikkan saat penumpang membludak dan juga kondisi hari ini BBM naik," katanya.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network