Ini Dia 7 Fakta Piala Dunia Qatar 2022, Perdana Dipimpin Wasit Perempuan

Sintia Putri Balqis
Ada 7 fakta Piala Dunia Qatar yang menarik untuk dibahas. Ajang sepak bola terbesar di dunia ini dilaksanakan di Qatar mulai 20 November 2022. (Foto: Deccan Herarld)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id – Ada 7 fakta Piala Dunia Qatar yang menarik untuk dibahas. Ajang sepak bola terbesar di dunia ini dilaksanakan di Qatar mulai 20 November 2022.

Piala Dunia 2022 di Qatar tinggal hitungan hari bakal menghibur pencinta sepak bola seluruh dunia. Ada banyak fakta menarik yang terselip dari hajatan tersebut. Apa saja?

Berikut 7 fakta Piala Dunia Qatar 2022:

1. Piala Dunia Pertama di Musim Dingin. Piala Dunia Qatar menjadi Piala Dunia pertama yang diselenggarakan pada musim dingin. Biasanya, FIFA menggelar kompetisi ini pada musim panas.

Namun, mengingat suhu di Qatar berbeda dengan suhu di belahan bumi selatan, Piala Dunia 2022 digelar pada musim dingin. Keputusan ini mengingat Qatar sebagai wilayah Timur tengah dengan suhu panas hingga 50 derajat celcius pada musim panas.

FIFA akhirnya memindahkan slot Piala Dunia pada musim dingin. Keputusan ini dibuat untuk kepentingan dan kenyamanan pemain.

2. Piala Dunia Pertama di Timur Tengah.

Qatar menjadi tuan rumah pertama dari pagelaran sepak bola empat tahunan ini di wilayah Timur Tengah. Emir Qatar menyebutkan turnamen ini akan dijadikan sebagai pemersatu dari berbagai penjuru dunia.

Mengingat letak Qatar yang cukup strategis, maka diperkirakan akan banyak pecinta sepak bola yang akan datang ke Qatar.

3. Piala Dunia Termahal.

Fakta Piala Dunia Qatar 2022 berikutnya adalah Piala Dunia edisi ini akan menjadi Piala Dunia paling mahal. Menurut Statistika, Qatar tercatat menghabiskan biaya mencapai 220 miliar dolar AS atau sekitar Rp3.344 triliun untuk ajang sepak bola empat tahunan ini.

Dana sebesar itu yang dikeluarkan oleh Qatar bukan dikeluarkan dengan sia-sia. Qatar banyak mendirikan fasilitas untuk Piala Dunia. Bahkan, Qatar juga turut membenahi negaranya demi menarik perhatian dan menjamu tamu Piala Dunia 2022 nanti.

4. Membangun Banyak Stadion.

Qatar tidak memiliki begitu banyak stadion. Hanya delapan stadion yang disiapkan oleh Qatar. Satu di antaranya sedang dalam perbaikan.

tujuh lainnya sedang dalam masa pembangunan. Dengan hanya delapan stadion yang disiapkan Qatar, hal ini menjadikan Qatar sebagai tuan rumah dengan jumlah venue terendah untuk Piala Dunia dalam beberapa tahun belakang.

5. Stadion ber-AC.

Qatar sebagai wilayah di Timur Tengah memang memiliki suhu panas yang sangat tinggi. Maka dari itu, Qatar ingin memberikan pengalaman terbaik kepada seluruh pihak yang hadir.

Qatar memasang AC di seluruh stadion sepak bola yang menjadi venue Piala Dunia 2022. Delapan stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia akan ber-AC.

Hal ini memberikan pengalaman dan kenyamanan penonton yang mendukung tim kesayangan mereka.

6. Piala Dunia Kedua di Asia. Fakta Piala Dunia Qatar 2022 lainnya adalah, Qatar sebagai negara kedua yang menjadi tuan rumah di Asia.

Sebelumnya, Piala Dunia yang dituan rumahi oleh negara Asia dipegang oleh Jepang dan Korea. Dengan demikian, Piala Dunia Qatar 2022 akan menjadi acara istimewa karena selain negara Timur Tengah pertama, Qatar juga menjadi tuan rumah kedua di Asia.

7. Piala Dunia Pertama yang Dipimpin Wasit Wanita.

Biasanya kita melihat wasit laki-laki yang berada di lapangan. Namun, Piala Dunia Qatar 2022 menyajikan hal yang berbeda.

Bergabungnya Yoshimi Yamashita dari Jepang, Stephanie Frappart dari Prancis, dan Salima Mukansanga ke dalam jajaran wasit Piala Dunia 2022 menjadikan sejarah baru bagi Piala Dunia.

Mereka akan menjadi wasit wanita pertama yang akan memimpin pertandingan sepak bola ini.

Inilah deretan fakta Piala Dunia Qatar 2022.

Banyaknya inovasi dan juga perubahan yang terjadi di Piala Dunia Qatar menjadikan Piala Dunia lebih fresh dan lebih seru untuk dinikmati.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network