Masyarakat Aceh Hadiri Peringatan 18 Tahun Tsunami Aceh dengan Zikir, Ziarah dan Tabur Bunga

Taufan Mustafa
Ratusan warga menghadiri peringatan 18 tahun tsunami Aceh. Acara ini dipusatkan di kompleks kuburan massal korban tsunami di Desa Siron, Kabupaten Aceh Besar (Taufan Mustafa/MNC Portal)

ACEH BESAR, iNewsPortalAceh.id - Sejumlah ratusan masyarakat Aceh menghadiri peringatan 18 tahun tsunami. Acara ini dipusatkan di komplek kuburan massal korban tsunami di Desa Siron, Kabupaten Aceh Besar, Senin (26/12/2022).

Peringatan 18 tahun tsunami Aceh kali ini bertema Bangkit Lebih Kuat Bangun Budaya Sadar Bencana. Acara peringatan 18 tahun tsunami kali ini diisi dengan sejumlah rangkaian kegiatan sepeti ziarah, tabur bunga, zikir dan doa bersama.

Acara ini dihadiri sejumlah unsur Forkopimda Aceh. Mereka turut serta menaburkan bunga di kuburan massal tersebut.

Selain itu, warga yang datang menziarahi keluarganya yang menjadi korban tsunami larut dalam kesedihan sambil berdoa. Umumnya warga datang bersama keluarga untuk berziarah dan berdoa.

"Untuk mengenang 18 tahun tsunami, pemerintah aceh sengaja menggelar peringatannya di kuburan massal supaya generasi muda akan terus mengingat bencana besar yang melanda Aceh," kata Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal, Senin (26/12/2022).

Sementara itu salah seorang peziara bernama Aya mengayakan, dirinya memang selalu mengunjungi makam setahun sekali.

"Setiap tahun kami bersama keluarga menziarahi kuburan massal, untuk ke depan bencana besar tsunami akan terus dikenang, namun tidak perlu larut dalam kesedihan,"katanya.

Sementara itu di lokasi juga terlihat ratusan warga Banda Aceh dan Aceh Besar terus berdatangan memadati lokasi.

Meraka datang untuk melakukan ziarah dan mendoakan anggota keluarga mereka yang menjadi korban tsunami yang meluluhlantakan Aceh pada 26 Desember 2004.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network