Begini Cara Membuat Ketupat Hari Raya dengan Daun Kelapa, Hasilnya Enak dan Lezat

Tim iNews.id
Cara membuat ketupat untuk Lebaran (Foto: Instagram @jenny_zhang1l

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Cara membuat ketupat untuk Lebaran tidak terlalu sulit. Hanya saja, dibutuhkan ketelitian dan cara yang benar untuk membuat ketupat lebaran yang enak.

Ketupat atau tupat merupakan makanan khas Lebaran, yang berbahan dasar beras dan dibungkus dengan anyaman daun kelapa muda (janur).

Masyarakat Muslim di Asia Tenggara, terutama Indonesia sudah tak asing dengan jenis makanan satu ini.

Ketupat biasanya dihidangkan dengan berbagai menu sayuran bersantan, seperti opor ayam, kupat tahu, gado-gado atau sambal goreng ati ampela kentang.

Bentuk dari ketupat sangat variatif dan beragam, ada yang jajar genjang sudut enam, kepal bersudut tujuh dan bentuk unik lainnya.

Penasaran seperti apa cara membuat ketupat Lebaran yang enak dan kenyal? Berikut caranya, dirangkum pada Rabu (19/4/2023).

Cara Membuat Ketupat.

1. Siapkan daun kelapa muda atau janur sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan untuk membuat ketupat. Untuk membuatnya diperlukan Janur yang berwarna kuning dan masih muda, sehingga dapat menghasilkan ketupat yang lezat, empuk dan punya umur simpan yang lama.

2. Gunakan sisi halus janur menghadap luar, lalu rapatkan empat jari Anda dan lilitkan sebanyak 3 putaran.

Satu menghadap atas satu menghadap bawah. Lakukan hal yang sama pada tangan satunya.

3. Janur paling ujung di salah satu tangan akan diselipkan di 3 lilitan tadi. Dengan posisi masuk seperti menganyam, atas, bawah, atas, lalu dorong dan posisikan melintang di atas.

4. Lanjutkan dengan janur kedua, dengan posisi kebalikannya yaitu bawah, atas, dan bawah. Kemudian yang ketiga, atas, bawah, atas.

5. Pada tahap ini, rangka ketupat sudah terbentuk. Lalu dua jari tetap melekat, untuk menahan kerangka.

6. Sisa ujung-ujung yang panjang, tinggal dimasukan secara selang-seling, hingga semuanya masuk dan menjadi rangka yang tertutup.

Tips :

Jika ada kerangka yang penyok, tinggal tarik dan rapatkan lagi setiap daunnya sampai bentuknya sempurna. Itulah cara membuat ketupat dengan daun kelapa.

Hasil kenyal, lembut, dan enak untuk disajikan saat Lebaran.

Selamat mencoba.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network