1.834 Warga Terdampak Banjir, 21 Desa di Aceh Tenggara Terendam

Binti Mufarida
Keterangan Foto: Banjir merendam puluhan desa di Kabupaten Aceh Tenggara usai diguyur hujan deras, Minggu (25/8/2024) (Foto: MPI)

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id – Puluhan desa di Kabupaten Aceh Tenggara diterjang banjir setelah hujan deras mengguyur wilayah itu seharian, Minggu (25/8/2024).

Akibat banjir tersebut, ribuan warga yang tersebar di enam kecamatan terdampak.

Dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir merendam 21 desa yang tersebar di enam kecamatan, yaitu Bambel, Lawe Bulan, Babussalam, Bukit Tusam, Lawe Sumur dan Badar.

"Tercatat sebanyak 1.834 jiwa dan 468 rumah terdampak, sementara untuk kerusakan sarana dan pra sarana tercatat empat unit tanggul jebol, tiga fasilitas Pendidikan, tiga fasilitas ibadah dan dua fasilitas umum terkena dampak banjir ini," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Minggu (25/8/2024).

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Aceh Tenggara beserta petugas gabungan menurunkan satu unit ekskavator untuk melakukan normalisasi dan menutup tanggul yang jebol di Sungai Lawe Kisam dan di Desa Lawe Hijo dan juga bersama sama masyarakat melakukan pembersihan material lumpur di Kantor Badan Pertanahan Nasional dan juga membersihkan masjid di Desa Gumpang Jaya, Kecamatan Babussalam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat, melakukan asesmen dan mengerahkan tim TRC ke Lokasi terdampak untuk mengevakuasi warga, kondisi mutakhir yang dilaporkan banjir berangsur angsur mulai surut.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network