get app
inews
Aa Read Next : Epson Indonesia Lanjutkan Road Show Produk Dalam Negeri ke Provinsi Aceh

Tradisi Khanduri Blang di Aceh Masih Dilestarikan

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:11 WIB
header img
Tradisi Khanduri Blang di Aceh Masih Dilestarikan. (Foto : Armia Jamil-iNews TV)

ACEH UTARA, iNews.id- Di Aceh Ada tradisi unik yaitu khanduri blang atau makan bersama sebelum musim turun kesawah menanam padi yang masih dilestarikan di Desa Cot Seurani Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara.

Tradisi kenduri blang hingga kini masih di lakukan oleh warga Aceh saat hendak turun ke sawah, warga secara bersama-sama makan di lokasi yang telah ditentukan.

Kenduri blang bermakna kenduri sawah merupakan tradisi turun temurun yang masih melekat di kalangan masyarakat tradisi kenduri blang ini merupakan acara makan dan doa bersama saat akan memulai menanam padi dengan harapan hasil panen melimpah.

Seperti yang di lakukan oleh warga desa cot seurani Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, ini sebelum turun ke sawah meraka melangsungkan acara kenduri blang hal ini rutin di lakukan setiap tahun dua kali.

Untuk menyediakan makanan setiap warga membawa nasi dan ayam dan lalu di masak bersama dalam belanga besar yang di beri nama kuah blang, setelah semua tersaji warga menikmati makanan kenduri bersama-sama.

Selain menjaga tradisi kenduri blang juga menunjukan kekompakan warga dalam memulai musim tanam padi serta bentuk syukur kepada sang maha pencipta.

Fajri, Kepala Desa Cot Seurani, setempat mengatakan selain untuk makan bersama sama kenduri blang juga digelar agar warga serentak turun ke sawah guna menghindari serangan hama.

Tradisi khanduri blang atau makan bersama diharapkan mampu mengikat tali silaturrahmi sesama warga dan rasa syukur kepada sang pencipta memohon doa agar diberikan hasil panen yang melimpah.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut