get app
inews
Aa Read Next : SMPN 1 Trienggadeng Sembelih 7 Ekor Sapi, 4 Domba dan 2 Kambing Qurban

Dinas Pertanian dan Perkebunan Bireuen Laksanakan Sekolah Lapang

Kamis, 04 Agustus 2022 | 10:41 WIB
header img
Dinas Pertanian dan Perkebunan Bireuen Laksanakan Sekolah Lapang.(Foto : Musriadi-iNewsTV)

BIREUN, iNews.id- Dinas pertanian dan perkebunan Bireuen laksanakan sekolah lapang di desa meunasah Bungo,  Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireun, Aceh, Pada Kamis 04 Agustus 2022.

Melalui program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP)

Kegiatan ini di lakukan selama dua belas kali pertemuan dengan jumlah peserta sebanyak dua puluh lima orang yang tergabung dalam kelompok tani Desa setempat.

Irwan Sp Kadis Pertanian dan Perkebunan Bireuen mengatakan, Penyuluhan pertanian memiliki peranan yang sangat besar dalam rangka meningkatkan kualitas pelaku utama baik dari segi pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam melaksanakan usaha tani.

Agar penyuluhan pertanian dilaksanakan secara efektif dan efisien diperlukan metode penyuluhan pertanian yang tepat ,salah satunya melalui sekolah lapang.

Seperti yang dilaksanakan di desa meunasah bungo ini.

Sekolah lapang merupakan proses pembelajaran non formal bagi petani untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam mengenali potensi, menyusun rencana usaha identifikasi dan mengatasi permasalahan, mengambil keputusan dan menerapkan teknologi yang sesuai dengan sumberdaya yang ada secara sinergis dan berwawasan lingkungan sehingga usaha tani lebih efisien berproduktifitas tinggi dan berkelanjutan.

Sekolah lapang dipandang sebagai salah satu metode dalam proses belajar mengajar yang cukup efektif karena sangat cocok sebagai metode pembelajaran bagi orang dewasa (Andragogi) karena sifatnya yang tidak formal, proses pembelajaran dilakukan di lapangan dimana tersedia objek nyata.

Sekolah lapang banyak mengajarkan hal baru yang bermanfaat bagi petani dan penyuluh.

Harapannya dengan meningkatnya kualitas sumber daya manusia pertanian, produktivitas pertanian bisa meningkat dan kesejahteraan petani bisa terangkat.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut