get app
inews
Aa Read Next : Mantan Presiden AS Donald Trump: Konflik Israel dengan Iran Bisa Menjadi Perang Dunia!

Pemerintah Targetkan Belanja Negara Rp3.041 Triliun di RAPBN 2023, Ini Detailnya

Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:15 WIB
header img
Pemerintah targetkan belanja negara Rp3.041 triliun di RAPBN 2023, ini detailnya. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah menargetkan belanja negara dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023 sebesar Rp3.041,7 triliun. Anggaran itu dialokasikan untuk pemerintah pusat hingga pendidikan.

"(Belanja negara 2023) Direncanakan sebesar Rp3.041,7 triliun, yang meliputi belanja pemerintah pusat sebesar Rp2.230 triliun, serta transfer ke daerah Rp811,7 triliun," kata Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden dalam Rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI dalam Sidang Bersama DPR RI-DPD RI, Selasa (16/8/2022).

Selain itu, juga dialokasikan untuk anggaran kesehatan sebesar Rp169,8 triliun atau sekitar 5,6 persen dari target belanja negara 2023.

Anggaran ini akan digunakan untuk penanganan pandemi, reformasi sistem kesehatan, percepatan penurunan stunting dan kesinambungan program JKN.

Adapun untuk pembangunan infrastruktur dianggarkan anggaran sebesar Rp392 triliun.

Anggaran ini, di antaranya digunakan untuk mendukung penguatan pelayanan dasar; peningkatan produktivitas melalui infrastruktur konektivitas dan mobilitas; menyediakan infrastruktur energi dan pangan yang terjangkau, andal, dan memperhatikan aspek lingkungan; serta pemerataan infrastuktur dan akses TIK.

Sementara anggaran perlindungan sosial dialokasikan sebesar Rp479,1 triliun untuk membantu masyarakat miskin dan rentan dalam memenuhi kebutuhan dasarnya, serta dalam jangka panjang diharapkan akan mampu memotong rantai kemiskinan.

Untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas SDM, disiapkan anggaran pendidikan Rp608,3 triliun.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut