get app
inews
Aa Read Next : Piala Asia U-23 2024, Hasil Babak Pertama Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Uzbekistan U-23 Skor 0-0

Vietnam Dihantui Masalah Serius Jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Kabar Baik Buat Indonesia

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 17:16 WIB
header img
Vietnam dihantui masalah jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Ini tentu menjadi kabar baik buat Timnas Indonesia. (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.)

HANOI, iNews.id - Vietnam dihantui masalah jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Ini tentu menjadi kabar baik buat Timnas Indonesia.

Vietnam melakoni Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 14 sampai 18 September mendatang. The Golden Star berada dalam grup F bersama Indonesia, Hong Kong dan Timor Leste.

Tim asuhan Dinh The Nam itu sudah menjalani pemusatan latihan di Jepang sejak gagal juara Piala AFF U-19 2022. Dalam pelatihan itu, dibawa nama-nama terkenal seperti Khuat Van Khang, Nguyen Quoc Viet atau Vu Van Son.

Mereka juga sudah menjalani uji coba melawan Jepang dan berakhir dengan kekalahan 0-5. Berdasarkan laman Soha.vn, pelatih mereka Dinh The Nam ingin menambah sekitar 6-7 pemain berpengalaman dari Divisi Utama Liga Vietnam.

Tapi masalahnya adalah Liga Vietnam masih berlangsung selama kompetisi kualifikasi Piala Asia U-20 2023 berlangsung.

Untuk itu, tidak mudah bagi klub untuk melepas pemainnya. Misalnya berdasarkan pernyataan pelatih klub Becamex Binh Duong mengatakan dia mengerti bahwa Vietnam U-19 perlu memiliki pemain terbaik.

Tetapi klubnya juga perlu memecahkan masalah guna keluar dari zona degradasi.

“Karena Tien Linh baru saja pulih dari cedera, tim sangat membutuhkan Bui Vi Hao untuk bermain di pertandingan Liga Vietnam. Jika setelah babak 15 Hao pergi ke timnas, pertandingan Binh Duong melawan HAGL pada 13 September juga sangat sulit,” ucapnya.

Kemungkinan terbesar adalah pihak federasi sepak bola Vietnam akan melakukan perubahan jadwal agar lebih sesuai.

Secara khusus, sejumlah proposal telah dibuat untuk menangguhkan laga sejak 4 September hingga 23 September, bertepatan dengan saat Vietnam U-19 persiapan, memulai hingga selesai melakoni turnamen.

Kenyataan ini bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia U-19 mempersiapkan diri lebih matang ketimbang mereka.

Apalagi sebagian besar pemain Indonesia masih belum bermain di Liga 1. Tim asuhan Shin Tae-yong pun bisa fokus menjalani pemusatan latihan (TC) hingga turnamen berlangsung.

Direncanakan, Marselino Ferdinan dkk akan memulai TC pada 25 Agustus mendatang di Jakarta.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut