get app
inews
Aa Read Next : Maju Bacalon Bupati, Said Mulyadi Bersama Saiful Anwar Resmi Daftarkan Diri ke DPP Partai Aceh

Antisipasi Terjadinya Banjir Luapan,Pemkab Pidie Jaya Kerahkan Beco Bersihkan Sungai

Minggu, 28 Agustus 2022 | 23:21 WIB
header img
Antisipasi Terjadinya Banjir Luapan,Pemkab Pidie Jaya Kerahkan Beco Bersihkan Sungai Dangkal. (Foto: Dok Ist).

PIDIE JAYA, iNews.id - Untuk antisipasi terjadi banjir luapan sungai pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, kerahkan excavator (beco) membersihkan saluran sungai di Gampong Krueng, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, Minggu (28/08/2022).

Sementara itu Bustamian Bagian Asset Pemkab Pidie Jaya menyatakan bahwa pihaknya membantu satu unit alat berat jenis beco merk cat untuk pengerokan tanah dan membersihkan sungai.

"Kami Pemerintah kabupaten Pidie jaya membantu alat Beco CAT untuk penggorokan tanah dan pembersihan sungai agar tidak terjadi banjir," sebut Bustamian.

Menurut Bustamian, bahwa pengerokan tanah dan pembersihan sungai tersebut lebih kurang sekitar 500 meter lebih dan lebar 6 sampai 10 meter.

Dimana selama ini kondisi daerah aliran sungai (DAS) ini sudah dangkal dengan timbunan tanah dan di tumbuhi semak belukar, sehingga perlu di lakukan pembersihan agar tak menimbulkan banjir luapan di saat musim penghujan tiba.

"Alat beratnya bekerja selama 5 hari penuh untuk pengerokan sungai sesuai dengan permintaan masyarakat Gampong Kreung, Bandar Baru, Kabupaten Pidie jaya," jelasnya.

Apabila tak di bersihkan sungai ini di khawatirkan akan ada nya banjir luapan di saat sungai tersebut penuh dengan air di musim hujan.

"Maka sebelum terjadi banjir luapan nantinya, mulai sekarang kita antisipasi lebih awal terus, dengan sudah ada pengerokan ini pun sungai mulai terlihat tak dangkal lagi," terangnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut