get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Hutan Pinus di Kawasan Wisata Danau Laut Tawar Takengon Kejutkan Warga

Abdya Juara III Agam Duta Wisata dan TOP 10 Inong Aceh 2022

Senin, 12 September 2022 | 11:51 WIB
header img
Ahlul Haitami BW Juara III Agam dan Radila Putri Alda TOP 10 Inong di Ajang Pemilihan Duta Wisata Aceh 2022 perwakilan Kabupaten Abdya.(Foto: iNewsPortalAceh/ Erdawati).

ACEH BARAT DAYA, iNewsPortalAceh.id - Ahlul Haitami BW perwakilan Agam Duta Wisata Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) berhasil meraih juara 3 (Wakil II) Agam Provinsi Aceh di ajang Pemilihan Duta Wisata Aceh Tahun 2022 yang berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood, Sabtu (10/9/2022) lalu.

“Penghargaan ini suatu kebanggaan bagi Kabupaten Abdya dan terkhusus bagi saya sendiri. Saya juga tidak menyangka masuk 3 besar dengan persaingan yang ketat dan perwakilan dari kabupaten lainnya juga hebat-hebat,” Ujar Ahlul, Senin, (12/9/2022).

Ahlul Haitami BW kelahiran 18 Agustus 2003 merupakan mahasiwa Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala.

Ahlul anak pertama dari pasangan Bahagia dan Wati warga Desa Alue Peunawa Kecamatan Babahrot Kabupaten setempat.

Sebagai Agam Duta Wisata Aceh, dirinya akan ikut kontribusi dalam mengembangkan tempat wisata yang ada di Aceh dan Abdya.

“Nantinya kami sebagai Duta Wisata akan kolaborasi dengan Pemerintah, masyarakat dan juga organisasi yang menaungi pariwisata dan kebudayaan dengan harapan bisa memajukan pariwisata dan kebudayaan kita yang ada di Aceh,” Jelasnya.

Dirinya juga mengajak generasi muda untuk memajukan Abdya mempromosikan wisata yang ada di Abdya ke publik.

“Mari kita bersama memajukan Abdya dengan memperkenalkan potensi wisata ataupun kebudayaan yang ada di Abdya ke masyarakat luas. Hal ini juga bagian dari membangun kabupaten kita.” Ucapnya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada para alumni Duta Wista Abdya yang telah membimbing kami selama hampir 2 bulan,” Tutup Ahlul.

Bukan hanya Agam Duta Wisata perwakilan Abdya yang meraih juara, perwakilan Inong Duta Wisata Abdya juga menduduki TOP 10 Inong Aceh 2022 yang diwakili oleh Radila Putri Alda.

Radila Putri Alda merupakan anak pertama dari pasangan Alidat Syafe’i dan Daswati asal Desa Meurandeh Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Setempat.

Radila kelahiran 17 Maret 2003, seorang mahasiswi jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UIN Ar-Raniry. Rikar Maulana Putra, Alumni Agam Duta Wisata Abdya 2010 berharap Pemerintah Abdya lebih fokus pada pengembangan wisata dan budaya di Abdya.

“Saya berharap pemerintah Abdya dapat bersinergi dengan anak muda dalam mengembangkan wisata dan budaya demi kemajuan Kabupaten kita sendiri. Untuk Agam Inong Abdya yang sudah berhasil membawa harum nama Abdya dapat menjalankan amanah dengan baik dan terus berkontribusi untuk Abdya,” Pungkas Rikar.

Untuk diketahui, Abdya setiap tahunnya meraih prestasi yang membanggakan pada ajang ini. Mulai mengirim perwakilan dari Tahun 2010 hingga saat ini.

Adapun prestasi yang pernah di raih, yakni harapan 3 Agam di Tahun 2011, Juara 1 Inong di Tahun 2012, Harapan 2 Agam di Tahun 2013, Harapan 3 Agam dan Harapan 1 Inong Serta Duta Wisata Intelegensia 2015, TOP 10 Agam 2016, Harapan 2 Agam 2017, TOP 10 Inong 2018, Juara 2 Inong dan Harapan 2 Agam 2019, Agam Favorit 2021 dan TOP 10 Inong 2021 serta 2022 Juara 3 Agam dan TOP 10 Inong.

Pemilihan Agam Inong Aceh merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dalam mencari anak-anak muda yang nantinya akan menjadi garda terdepan dalam mempromosikan Pariwisata dan Kebudayaan Aceh dan ikut serta dalam ajang Pemilihan Duta Wisata Indonesia di tingkat Nasional.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut