Ketua PWI Agara : Kepala Desa Jangan Pernah Takut Terhadap Wartawan

Medi Arjuna
.
Rabu, 21 September 2022 | 23:46 WIB
Ketua PWI Agara, Sumardi selaku narasumber saat acara sadar hukum yang di ikuti Kepala Desa se-Kecematan Babul Rahmah. (Foto : iNews.id/Medi Arjuna).

ACEH TENGGARA, iNewsPortalAceh.id - Ketua PWI Aceh Tenggara Sumardi, mengatakan jangan pernah takut terhadap wartawan. Itu, disampaikannya pada saat menjadi narasumber dalam acara Sadar Hukum di aula Kecamatan Babul Rahmah, Rabu (21/9/2022).

Menurut Sumardi, wartawan berperan sebagai pemberi informasi lewat sejumlah hal, misalnya berita, features, reportase, maupun karya-karya lainnya.

“Informasi tersebut dapat membawa dampak, mengubah pikiran bahkan menggerakkan masyarakat untuk melakukan sesuatu hal, baik itu positif atau negatif,” ujarnya.

Oleh sebab itu, kata dia, seorang wartawan harus menyajikan informasi dengan sifat mendidik dan bermanfaat. Hal itu, berguna untuk meningkatkan nilai kehidupan bagi pembacanya.

Justru itu, dia kembali mengingatkan jangan takut terhadap wartawan, wartawan adalah merupakan mitra kepala desa untuk membangun desa baik fisik maupun non fisik melalui tulisan.

“Kepala desa juga dituntut agar senantiasa melaksanakan kegiatan secara transparansi kepada masyarakat. Sehingga keterbukaan informasi dapat diketahui publik,” ujarnya.

Keberadaan media, kata dia, sangat menunjang dalam perihal itu, sebagaimana kehadiran para media dalam melakukan peliputan program-program di desa-desa.

“Wartawan bisa saja memberitakan kemajuan desa yang telah diraih sehingga bisa diketahui oleh Pemerintah, termasuk juga memberitakan tentang kendala yang dihadapi selama memerintah desa,” sebutnya.

Sumardi menyarankan agar para kepala desa sudah saatnya membuka diri terhadap para wartawan dengan catatan wartawan yang benar-benar menjalankan profesinya secara sungguh-sungguh.

Editor : Jamaluddin
Bagikan Artikel Ini