Logo Network
Network

Biadab! kelompok Bandit Tembaki Jemaah Salat Jumat, 15 Orang Tewas

Umaya Khusniah
.
Minggu, 25 September 2022 | 12:47 WIB
Biadab! kelompok Bandit Tembaki Jemaah Salat Jumat, 15 Orang Tewas
Sekelompok bandit bersenjata menembaki sebuah masjid di negara bagian Zamfara, Nigeria. Akibatnya, setidaknya 15 orang tewas serangan tersebut. (Foto: Ist)

MAIDAGURI, iNewsPortalAceh.id- Sekelompok bandit bersenjata menembaki sebuah masjid di negara bagian Zamfara, Nigeria. Akibatnya, setidaknya 15 orang tewas serangan tersebut.

Penduduk sekitar yang juga merupakan saksi mata, pada Sabtu (24/9/2022) mengatakan, serangan terjadi saat sembahyang Salat Jumat (23/9/2022). Para bandit menembaki masjid Kota Ruwan Jema, Bukkuyum.

"Para bandit bersenjata datang dengan sepeda motor sambil memegang senjata. Mereka langsung merangsek ke masjid dan mulai menembak secara sporadis," kata salah satu warga, Amimu Mustapha.

Selain itu, eorang warga lain yang meminta untuk tidak disebutkan namanya mengatakan, serangan itu terjadi sekitar pukul 2 siang waktu setempat.

Selain korban tewas, serangan juga menyebabkan sejumlah jemaah luka. Seorang juru bicara polisi negara bagian Zamfara tidak segera menanggapi panggilan atau pesan teks yang berusaha mengonfirmasi laporan warga.

Pada bulan Agustus, warga Ruwan Jema mengaku memberi bandit sekitar 21.000 dolar AS atau Rp317 juta, bensin dan rokok. Mereka meminta bandit berjanji akan pergi dari wilayah tersebut.

Geng pria bersenjata lengkap, yang dikenal secara lokal sebagai bandit, telah mendatangkan malapetaka di barat laut Nigeria dalam dua tahun terakhir.

Mereka menculik ribuan, membunuh ratusan orang dan. Keberadaan mereka membuat wilayah tidak aman untuk bepergian melalui jalan darat atau pertanian di beberapa daerah.

Serangan-serangan itu telah membingungkan pasukan keamanan yang kewalahan. Militer memperingatkan penduduk di Zamfara dan dua negara bagian lainnya pekan lalu untuk meninggalkan kawasan hutan menjelang pengeboman yang menargetkan bandit dan teroris.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News

Bagikan Artikel Ini