get app
inews
Aa Read Next : Polisi Bersihkan Sekolah Pasca Banjir Luapan Sungai di Kecamatan Padang Tiji Pidie

Sekda Membuka FGD Tahap V Penyusunan Master Plan Pengendalian Banjir Swakelola

Rabu, 12 Oktober 2022 | 14:40 WIB
header img
Sekda Membuka FGD Tahap V Penyusunan Master Plan Pengendalian Banjir Swakelola. (Foto: iNews/ Ichdar Ifan).

ACEH SELATAN, iNewsPortalAceh.id-Sekda Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP mewakili Bupati Aceh Selatan membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tahap V Penyusunan Masterplan Pengendalian Banjir Wilayah Sungai Kewenangan (Swakelola) Tahun 2022 bersama Dinas Pengairan Aceh dan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, bertempat di Aula Bappeda, Aceh Selatan, Rabu (12/10/2022).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pengairan Aceh, Kepala UPTD Pengelolaan Irigasi Wilayah V (lima) Dinas Pengairan Aceh, Tenaga Ahli dari Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (USK), para Kepala SKPK dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan dan Aceh Singkil, para Camat di jajaran Pemkab Aceh Selatan, serta para undangan.

Pada kesempatan tersebut Sekda mengatakan berbagai upaya telah dilakukan pemerintah, baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota untuk melakukan penanganan banjir yang seringkali terjadi di berbagai wilayah termasuk di Kabupaten Aceh Selatan.

Untuk itu diperlukan upaya mitigasi, penanganan banjir, dan pengelolaan bangunan-bangunan sungai di Aceh secara komprehensif yang memerlukan panduan berupa master plan pengendalian banjir wilayah sungai kewenangan. Ucap sekda.

Lebih Lanjut beliau berharap dengan adanya agenda penyusunan master plan ini bertujuan untuk mengidentifikasi parameter-parameter yang menjadi penyebab banjir, dampak sosial, alternatif penanganan banjir, upaya penanganan secara komprehensif, serta rekomendasi yang diberikan untuk pengendalian banjir dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Selain itu dalam penyusunan sebuah master plan, sumber data utama yang dipergunakan adalah data sekunder, untuk mengintegrasikan seluruh kegiatan studi terdahulu, selain pengumpulan data sekunder, studi ini juga melakukan kegiatan pengumpulan data primer. Ungkap beliau.

Dengan demikian melalui kegiatan ini dapat terkumpul data yang sangat diperlukan guna mengantisipasi dan mengendalikan dampak banjir secara berkesinambungan dengan semua pihak terkait.

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan apresiasi kepada tim dari fakultas teknik Universitas Syiah Kuala, dan juga tim dari Dinas Pengairan Aceh, yang telah memprakarsai kegiatan pada hari ini. Tutup beliau.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut