get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Siswa SMA dan SMK di Aceh Tengah Pungut Sampah di Pante Menye Danau Lut Tawar

Besar Pasak dari Pada Tiang, Event Tour Delaut Tawar Diduga Hanya Hamburkan Uang Negara

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 15:10 WIB
header img
Basar Pasak dari Pada Tiang Event Tour Delaut Tawar Diduga Hamburkan Uang Negara. (Foto: iNews/ Erwin).

TAKENGON, iNewsPortalAceh.id- Event bersepeda bertarap internasional, yang resmi digelar 28 s/d 30 Oktober 2022 di Kabupaten Aceh Tengah sepi peserta.

Pelepasan even bersepeda bertema Tourde Luttawar pada hari jumat (28/10) di Pante Menye, Kecamatan Bintang, oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar, yang bertujuan untuk meningkatkan wisata di gayo dinilai sia-sia.

Informasi dihimpun, festival yang menggunakan anggaran ratusan juta rupiah tersebut, dinilai kurang meriah, jika dibanding besarnya dana yang digelontorkan pemerintah daerah.

"Aneh dana yang dipakai ratusan juta rupiah. Dari 27 pembalap sepeda yang mendaftar hanya belasan yang ikut dalam even ini. Padahal ajang ini berkelas internasional yang katanya melibatkan pembalap dari luar negeri, Besar pasak dari pada tiang," kata Zamzam Mubarak pemerhati sosial di Aceh Tengah, Jumat (28/10).

Zamzam menilai, rendahnya kehadiran peserta yang mengikuti event bertaraf internasional ini, menuai pertanyaan tentang rendahnya kinerja panitia dalam menyukseskan kegiatan.

"Panitia kami duga belum melakukan kajian mendalam untuk kegiatan ini. Anggaran besar, tapi apa dampak ekonominya bagi masyarakat, kegiatan ini hanya menghamburkan uang negara saja." ucapnya.

Selain serapan rendah terhadap dampak ekonomi bagi masyarakat. Ia juga menyorot sasaran kegiatan kurang jelas.

Promosi rendah yang tidak berimbas bagi pengembangan citra daerah, sebagai tujuan peningkatan wisata di kabupaten penghasil kopi ini.

"Hari ini kami masyarakat membutuhkan penjelasan dari panitia pelaksana. Jangan menciptakan kesan festival internasional ini dipaksakan. Kalau memang belum sesuai dengan target yang ingin dicapai, tunda dulu. Jangan bikin malu daerah dimuka dunia internasional," ungkap Zamzam.

Kadispora Aceh Tengah, Zulpan Diara Gayo, ketika dikonfirmasi mengenai event bertajuk "Internasional Tourde Luttawar" ini, Jum'at sekira pukul 14.10 WIB belum memberi keterangan resmi atas konfirmasi yang sampaikan, Saat dihubungi via selular beliau tidak mengangkat handphone.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut