get app
inews
Aa Read Next : 20.138 Jiwa Terdampak Banjir di Aceh Singkil

Pasca Banjir Bandang, Ratusan Hektar Lahan Warga Tertimbun Lumpur di Aceh Tenggara

Jum'at, 04 November 2022 | 17:33 WIB
header img
Teks Foto : Pasca banjir bandang, ratusan hektar lahan warga tertimbun lumpur.(Foto: iNews/ Medi Arjuna).

ACEH TENGGARA, iNewsPortalAceh.id -Banjir bandang yang menerjang sejumlah Desa di Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh.

Tidak hanya merusak rumah warga, banjir juga merusak lahan pertanian warga hingga menyebabkan ratusan hektar lahan pertanian warga tidak bisa ditanami akibat di terjang banjir bandang yang membawa material lumpur dan kayu, Jumat (1/11/2022).

Banyaknya material lumpur dan kayu yang dibawa banjir bandang mengakibatkan ratusan hektar lahan pertanian warga tidak bisa lagi digunakan dan banyak petani yang merugi akibat gagal panen.

Sekretaris Kecamatan Darul Hasanah Azman Zuhri, mengatakan saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan terhadap Desa-Desa yang terkena dampak banjir bandang yang terjadi beberapa hari yang lalu.

"Dari data pihak kecamatan diperkirakan sebanyak ratusan hektar tanaman pertanian warga tidak bisa digunakan, seperti di Kecamatan Darul Hasanah, diperkirakan sebanyak 40 hektar lahan pertanian dan perikanan milik warga rusak, hal ini karena tebalnya lumpur dan banyaknya meterial kayu yang dibawa arus banjir bandang," ujar Azman.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Tenggara, Drs. Syakir, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tenggara, Muhammad Ridwan, mengatakan dampak banjir bandang yang menimpa 32 Desa dari 9 Kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara.

"Dari data diperkirakan sebanyak 126 Hektar lahan pertanian milik warga rusak, dan lawan perikanan diperkirakan sebanyak 40 ton ikan di kolam milik warga disapu banjir bandang," pungkas Ridwan.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut