get app
inews
Aa Read Next : Kerap di Kaitkan denga Agenda Pilkada 2024, Razikin : KIP Harus Jaga Independensi Lembaga

Pj Bupati Bersama BPBD Aceh Singkil Turlap, Pantau Kondisi Banjir

Minggu, 06 November 2022 | 12:09 WIB
header img
Pj Bupati Bersama BPBD Aceh Singkil Turlap, Pantau Kondisi Banjir.(Foto: iNews/ Suparman Munthe).

ACEH SINGKIL, iNewsPortalAceh.id - Pejabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Marthunis bersama Plt Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Aceh Singkil, Alhusni beserta rombongan turun lapangan (turlap) melakukan pemantauan kondisi banjir, Sabtu (5/11/2022).

Pemantaun itu dilakukan di Desa Teluk Rumbia, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil untuk mengetahui dan mendengar keluh kesah masyarakat yang terdampak banjir.

Saat dilokasi, Pj Bupati beserta rombongan berkeliling di desa teluk rumbia dengan kondisi yang masih di genangi banjir sekitar 50 centimeter itu.

Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis kepada awak media mengatakan kegiatan itu dilakukan guna memantau langsung keadaan warga yang terdampak banjir.

"Ternyata memang warga disana sudah terbiasa, kita bilang tangguh lah karena sudah menjadi kesehariannya", kata Pj Bupati, Marthunis.

Jadi, kata dia, memang saya kira ketangguhan itu perlu ditingkatkan. Saat dilokasi, Pj Bupati dan rombongan sempat melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok, menurutnya harga ternyata masih stabil dan belum naik.

Namun, ia menyebut saat melakukan pemantauan menemukan para pelajar sekolah masih libur lantaran sekolah digenangi banjir.

"Harapan kita minggu depan itu sudah bisa masuk, karena kalau terlalu lama kasian anak - anak itu ketinggalan pelajaran", harapnya.

Pj Bupati menambahkan, sejumlah warga menyebut tanaman yang mereka tanam terkena banjir sebelum di panen.

"Mungkin kedepan kita akan coba sesuaikan masa tanam, sehingga tidak terlalu terpengaruh dengan banjir", tuturnya.

Untuk diketahui, saat ini Banjir yang terjadi di Kabupaten Aceh Singkil masih merendam setidaknya sebanyak 18 Desa dari dua Kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil.

16 Desa diantaranya berada di Kecamatan Singkil, sementara 2 desa lainnya berada di Kecamatan Kuta Baharu.

Banjir yang terjadi itu berdampak terdahap ratusan kepala keluarga dan ribuan jiwa di Kabupaten Aceh Singkil.

Selain banjir, longsor juga terjadi di Kecamatan Singkohor, tepatnya di Desa Lae Sipola yang berdampak dengan putusnya jalan penghubung desa lae sipola menuju Pemko Subulussalam.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut