get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Hutan Pinus di Kawasan Wisata Danau Laut Tawar Takengon Kejutkan Warga

Deretan Tempat-tempat Menarik di Lokasi Kawasan Kuliner Coklat Pidie Jaya

Minggu, 13 November 2022 | 10:43 WIB
header img
Gedung serba guna berbentuk rumah adat Aceh di kawasan kuliner coklat Pidie Jaya. (Jamalpangwa/ MNC Portal).

PIDIE JAYA, iNewsPortalAceh.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya melalui Dinas Perisdustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) setempat telah membangun kawasan kuliner coklat Pidie Jaya yang berada di Desa Paru, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten setempat.

Kepala Disperindagkop Pidie Jaya, Rizal Fikar, melalui Kepala Bidang Industri, Said Syarif, menyatakan dengan sudah terlaksananya pekerjaan proyek kawasan kuliner coklat di Desa Paru akan nantinya menjadi daerah destinasi wisata kuliner di Kabupaten Pidie Jaya kedepan, Minggu (13/11/2022).

"Alhamdulillah di awal mula, kita sudah bisa fungsikan gedung serba guna berbentuk rumah khas Aceh serta di lokasi ini juga bisa untuk acara pasar murah di kawasan kuliner coklat paru tersebut," ungkap Said Syarif.

Selain itu menurut, Said Syarif, bahwa sudah ada beberapa aitem di lokasi itu, diantranya gedung serbaguna yang berbentuk rumah Aceh, ada Mushalla, dan juga adanya Gazebo dan Toilet.

"Di bulan ini kita juga melaksanakan pelatihan e marketing dan pelatihan pengolahan coklat, pelatihan tersebut kita bekerja sama dengan USK," terang Said.

Acara di selenggarakan dari tanggal 17 sampai 19 November 2022, yaitu pelatihan E marketing dan cara pengolahan coklat.

Gedung serba guna berbentuk rumah adat Aceh yang menarik di lokasi kawasan kuliner coklat Pidie Jaya. (Jamalpangwa).

Selain itu, dengan gedung terpisah yaitu gedung lama adalah pabrik pengelohan coklat sudah datangnya tim dari jember yang akan melatih tim.

Pelatihan pengolahan coklat dan ada salah satu mesin yang sebelumnya belum ada yaitu mesin pengepres lemak.

Said Syarif juga menyebutkan bahwa sebelumnya belum berfungsi dikarenakan tidak tersedianya salah satu nya mesin yaitu mesin lemak coklat.

Maka kali ini pimpinan daerah sudah memfasilitasi mesin tersebut sampai akhir bulan ini yang sudah di pesan dari jember.

"Mudah- mudahan dengan dukungan semua pihak gedung tersebut bisa bermanfaat untu masyarakat Pidie Jaya khususnya," tegas Said Syarif.

Said Syarif berharap kedepan nantinya akan terus bekerja sama dengan pihak-pihak lainnya untuk memajukan kawasan kuliner coklat tersebut, seperti dinas kelautan dan perikanan untuk membangun kolam ikan.

Serta dinas-dinas lainnya yaitu dinas pariwisata agar lokasi ini akan menjadi lokasi destinasi wisata menarik untuk di kunjung oleh wisatawan lokal dan luar.

Nah.  ini dia sejumlah tempat menarik yang ada di komplet kawasan pusat kuliner coklat milik pemerintah kabupaten Pidie jaya, di Desa Paru, Kecamatan Bandar Baru.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut