get app
inews
Aa Read Next : PUPR Libatkan Kejari Dampingi Belasan Paket Proyek Jalan di Aceh Barat

Kejari Bireuen Telusuri Dugaan Korupsi Kandang Ayam Pokir Dewan

Senin, 05 Desember 2022 | 21:20 WIB
header img
Kejari Bireuen Telusuri Dugaan Korupsi Kandang Ayam Pokir Dewan. (iNews/ Musriadi).

BIREUEN, iNewsPortalAceh.id-Kejaksaan Negeri (Kejari) Bireuen akan menindaklanjuti terkait dugaan penyalahgunaan anggaran Pokok Pikiran (Pokir) Anggota DPRK yang dianggarkan untuk pembangunan kandang ayam di Gampong Meulum, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, Aceh, senilai Rp424 juta, Senin ( 5/12/2022 ).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bireuen Moh. Farid Rumdana SH, MH pada acara temu ramah dengan insan pers di Central Coffee pada Senin 5 Desember 2022.

Pihak Kejaksaan akan mempelajari terlebih dahulu terkait dugaan korupsi bantuan pembangunan kandang ayam untuk kelompok Maju Bersama dalam APBK tahun 2022.

Pihaknya akan memberikan atensi terhadap temuan dan laporan dugaan penyalahgunaan uang negara, dengan mengumpulkan data-data, jika nanti ditemukan unsur korupsi atau pidana, maka akan segera kita lanjut dengan memanggil sejumlah pihak terkait," ujar Moh. Farid Rumdana.

Untuk tahap awal, kejaksaan masih menganut azas Equality Before Low atau azas praduga tak bersalah, namun dikemudian hari jika ditemukan adanya unsur KKN maka akan diteruskan ke tahap penyelidikan.

"Pihak jaksa sudah mengumpulkan data awal, mulai proses penganggaran, penentuan kelompok, proses tender hingga proses pembangunan, kami akan telusuri," tegasnya.

Sebelumnya muncul isu realisasi Pokir atau aspirasi salah satu anggota DPRK Bireuen berinisial MJ diduga dibangun untuk kepentingan pribadi.

MJ merupakan salah satu kader Partai Lokal yang terpilih menjadi Anggota DPRK pada Pileg 2019 di Dapil 6 Kabupaten Bireuen.

Diduga kandang ayam tersebut dibangun diatas lahan pribadi oknum Dewan, untuk anggota kelompoknya disinyalir sebagian besar memiliki hubungan keluarga.

Sementara pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bireuen juga tidak melakukan verifikasi sesuai Juknis terhadap kelompok penerima bantuan kandang ayam tersebut.

Proyek senilai Rp424.993.000 sumber dana APBK Bireuen 2022 ini dialokasikan melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Bireuen, yang dikerjakan oleh CV Inovasi Mandiri beralamat di Merdeka Simpang Empat, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut