get app
inews
Aa Read Next : Pria Asal Aceh Ditangkap Petugas Bendara Kualanamu Karena Kedapatan Bawa Sabu 2,1 Kg

Drama Bos Narkoba Melarikan Diri dari Lapas Narkotika Langsa Sita Perhatian Publik

Selasa, 14 Februari 2023 | 15:32 WIB
header img
Drama Melarikan Diri Bos Narkoba Dari Lapas Narkotika Langsa, Menyita Perhatian Publik.(iNews/ Yusriadi Yusuf)

LANGSA, iNewsPortalAceh.id- Drama melarikan diri Bos Narkoba dari Lembaga Permasyarakatan Narkotika Kelas IIB Langsa, cukup menyedot perhatian publik.

Pihak lapas kepada sejumlah media menyampaikan, Zulkifli Muhammad alias Zul Peng Grik, gembong narkoba terpidana 20 tahun penjara atas kepemilikan sabu seberat 20 kg dan ribuan pil ekstasi, berhasil keluar dari lapas diantar petugas sampai ke mobil yang terparkir dihalaman lapas, tepatnya di depan gerbang utama pintu masuk lapas itu.

Berdalih karena iba atas permintaan sang napi yang ingin berjumpa dengan anak nya yang sedang sakit, salah seorang petugas berinisial MA tanpa melaporkan ke pimpinan telah melanggar aturan atau SOP nekat mengeluarkan napi.

Namun momen itulah yang dimamfaatkan oleh Zul Peng Grik untuk melarikan diri, dia masuk ke mobil yang telah menunggunya dan langsung tancap gas dengan mobil istrinya tersebut.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIB Langsa, Herman Anwar, saat dijumpai diruang kantornya mengakui lolosnya bandar narkoba kelas kakap itu karena kecerobohan petugas, Senin (13/2/2022).

"Kecerobohan petugas kami, menyebabkan Zul berhasil melarikan diri dàn ini musibah bagi kami", kata Kalapas.

Ketika ditanya kembali terkait kronologi pelarian Zul Peng Grik, kalapas enggan untuk menjelaskan kembali.

"Apa yang telah beredar di media begitulah kejadian nya, memang petugas kami yang membawa Zul Peng Grik keluar untuk bertemu keluarga nya, itu semua benar", ucap Herman.

Namun Herman menegaskan, dirinya sangat tegas terkait SOP mengeluarkan napi, ada aturan dan prosedur untuk mengeluarkan napi dan itu harus dengan pengawalan petugas.

"Kita sangat tegas dengan SOP, namun yang namanya petugas ada saja yang membandel. Saya mana bisa kontrol mereka 24 jam", jelas Herman.

Herman juga mengaku pihak Kakanwil Kemenkuham Aceh telah ke Lapas Narkotika Langsa dan memberi teguran ke pada mereka.

Sementara Kadivpas Aceh juga akan memeriksa petugas jaga yang dinas pada saat kejadian. Sebelum nya diberitakan, Bos Narkoba, Zulkifli Muhammad alias Zul Peng Grik, warga Kabupaten Aceh Timur ini berhasil kabur dari Lapas Narkotika Langsa pada Sabtu, 11 Februari 2023 pukul 19.30 WIB berkat bantuan oknum sipir berninisial MA.

MA membawa Zul Peng Grik keluar melewati pintu utama lapas untuk berjumpa keluarga nya yang telah menunggu di mobil yang diparkir di halaman lapas.

Saat itulah Zul Peng Grik masuk kedalam mobil dan meninggalkan lapas.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut