get app
inews
Aa Read Next : Personel Polres Pijay Bersihkan Masjid, Wujud Sinergi Polri dan Masyarakat dalam Program Tangguh

Pemkab Pidie Jaya Tepung Tawar 176 JCH, Jamaah Termuda dan Tertua Ikut Berangkat Warga Trienggadeng

Senin, 15 Mei 2023 | 19:18 WIB
header img
Pemkab Pidie Jaya Tepung Tawar 176 JCH, Jamaah Termuda dan Tertua Berangkat Kali Ini Warga Trienggadeng.(iNews/ Jamalpangwa).

PIDIE JAYA, iNewsPortalAceh.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie Jaya, Aceh, melakukan tepung tawar 176 orang Jamaah Calon Haji (JCH) bertempat di Masjid Agung Tgk Chiek di Pante Geulima, Senin (15/05/2023) sekitar pukul 09.00 WIB.

Sementara itu Ketua Panitia, Drs.Jailani, menyebutkan bahwa dalam rombongan jamaah calon haji (JCH) kali ini ikut serta Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie Jaya, maka dengan jumlah semua nya 176 orang jamaah calon haji Kabupaten Pidie Jaya tahun 2023 ini yang akan berangkat pada kloter pertama.

"Beliau (sekda) juga merupakan salah seorang jamaah calon haji untuk tahun 1444 hijriah," Sebut Drs Jailani.

Menurut Drs Jailani bahwa kegiatan peusijeuk ini dilakukan sebagai prosesi adat untuk menyatakan syukur dan memohon keselamatan dan keberkahan dari Allah subhanahu wa ta'ala.

Selain itu kata dia, kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka silaturahim antara pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dengan para jamaah calon haji (CJH) dari Kabupaten Pidie Jaya, tepung tawar di pimpin langsung oleh Abu Tanjong Bungong.

Dimana kegiatan peusijeuk dan pelepasan jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Pidie Jaya itu dilaksanakan pada 15 Mei 2023 bertempat di Masjid agung Tgk Chik di Pante Geulima, Pidie Jaya, yang di hadiri semua jamaah dan para SKPK Pidie Jaya.

"Jamaah calon haji dari kabupaten Pidie Jaya tahun 2003 Masehi dan 1444 Hijriyah berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Kemenag Kabupaten Pidie Jaya, jamaah tahun ini itu berjumlah 176 orang," terangnya.

Semua itu nantinya berangkat melalui Kabupaten Pidie Jaya dan ada lebih kurang 10 orang yang keberangkatannya melalui kabupaten yang lain.

Dengan jumlah dari 176 orang tersebut terdiri dari 70 orang jamaah laki-laki dan 106 jamaah perempuan.

Dengan rincian jamaah calon haji Pidie Jaya sebagai berikut:

Kecamatan Bandar Baru 10 jamaah laki-laki dan 18 jamaah perempuan.

Kecamatan Pante Raja 2 jamaah laki-laki dan 2 jamaah perempuan.

Kecamatan Trienggadeng 9 jamaah laki-laki dan 12 jamaah perempuan.

Kecamatan meureudu 21 jamaah laki-laki dan 35 jamaah perempuan.

Kecamatan Meurah Dua 6 jamaah laki-laki dan 8 jamaah perempuan.

Kecamatan Ulim 7 jamaah laki-laki 11 jamaah perempuan.

Kecamatan Jangka Buya 5 jamaah laki-laki dan 18 jamaah perempuan.

Kecamatan Bandar Dua 10 jamaah laki-laki dan 18 jamaah perempuan.

Adapun jamaah termuda untuk tahun ini yaitu atas nama Ihyahuddin Husen Yusuf berumur 23 tahun, lahir 4 Agustus 2000, warga Gampong Kuta Pangwa, Kecamatan Trienggadeng dan Jamaah tertua bernama Cut Ali Idris Lahir 31 Desember 1926 warga Gampong Sagoe, Kecamatan Trienggadeng.

"Ihyahuddin Husein Yusuf warga trienggadeng ini berangkat haji dengan sumber dananya adalah beliau merupakan juara 1 pada MTQ tahun 2009 di Aceh Tengah, yaitu beliau merupakan juara 1 pada saat itu pada cabang tartil dan saat itu beliau baru berumur 9 tahun dan porsi hajinya ini merupakan adalah bonus dari pemerintah Kabupaten Pidie Jaya," sebut Drs.Jailani.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut