get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Akses Kesehatan, Djaya Bersama Bangun Klinik di Aceh Barat

Hutan Pinus di Tepi Danau Lut Tawar Terbakar, Pemadaman Terkendala Akses Sulit dan Angin Kencang

Rabu, 14 Juni 2023 | 06:30 WIB
header img
Hutan Pinus di Tepi Danau Lut Tawar Terbakar, Pemadaman Terkendala Akses Sulit dan Angin Kencang.(iNews/ Yusriadi Yusuf).

ACEH TENGAH, iNewsPortalAceh.id - Hutan pinus yang terletak di tepi Danau Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, dilaporkan mengalami kebakaran sejak Senin (13/6/2023).

Titik api mulai dari Desa Dedalu dan menjalar hingga ke Desa Bale Hakim. Kepala Desa Hakim Bale Bujang, Misriadi,Kepada iNewsPortalAceh.id menyatakan bahwa kebakaran ini disebabkan oleh musim kemarau yang panjang (14/6/2023).

Ia menambahkan kejadian ini pertama kali terdeteksi pada Senin pukul 19.15 di Desa Dedalu. "Upaya pemadaman dilakukan hingga pukul 02.30 dini hari dan pagi ini telah dilakukan tinjauan lapangan yang menunjukkan bahwa api sudah berhasil dipadamkan.

Namun, pada pukul 16.00 sore tadi, api muncul kembali," ucap Misriadi Akibat pengaruh oleh kondisi angin kencang. Kali ini, kebakaran meluas dari Desa Dedalu dan menjalar ke Desa Bale Hakim.

Kawasan kebakaran ini bahkan mendekati kawasan wisata Bur Telege Takengon yang populer di daerah tersebut.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan dampak yang dapat terjadi terhadap kawasan tersebut.

Kasi Perlindungan dan Pengamanan Hutan (KPH) Wilayah II Provinsi Aceh, Agustiar, menjelaskan bahwa luas kebakaran hutan diperkirakan mencapai 15 hektar dan termasuk dalam kawasan hutan lindung.

Namun, proses pemadaman terkendala oleh kondisi topografi yang curam dan berbatuan serta sulitnya akses menuju lokasi kejadian.

Selain itu, tiupan angin kencang juga menjadi faktor yang menyulitkan upaya pemadaman.

Agustiar menambahkan bahwa saat ini telah dikerahkan dua unit armada pemadam kebakaran serta melibatkan personil gabungan dari pemadam kebakaran, relawan Pas Api, masyarakat, serta TNI dan Polri dalam upaya pemadaman kebakaran ini.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut