get app
inews
Aa Read Next : Kisah Haru Gadis Cantik Ucap Kalimat Syahadat Disaksikan Masyarakat

Masya Allah! Mualaf Ini Wafat setelah 24 Jam Ucap Syahadat, Video Pemakamannya Viral

Selasa, 01 Agustus 2023 | 14:52 WIB
header img
Mualaf Inggris wafat setelah 24 jam ucap syahadat. Foto: Facebook/Twitter

INGGRIS, iNewsPortalAceh.id - Masya Allah, mualaf asal Inggris ini meninggal dunia setelah 24 jam mengucap kalimat syahadat. Video pemakamannya pun viral di media sosial.

Sosok mualaf itu adalah Anthony Mark Wainwright. Ia wafat pada hari Jumat 28 Juli 2023 di usianya yang ke-60 tahun.

Selama bertahun-tahun, Anthony bekerja sebagai karyawan supermarket yang lokasinya terletak di dekat masjid di Birmingham Inggris. Lantaran banyak pelanggannya dari kalangan umat muslim, Anthony pun akrab.

Anthony bahkan sudah menganggap para jamaah masjid sebagai keluarganya sendiri, karena ia sendiri hidup seorang diri.

Selama beberapa tahun terakhir, Anthony didiagnosis mengidap kanker perut stadium 4 dan sudah berulang kali dirawat di rumah sakit.

Mengetahui bahwa perjalanan hidupnya akan segera berakhir, Anthony mengungkapkan wasiat terakhirnya yang ingin pemakamannya digelar di masjid Green Land, Birmingham Inggris, bukan di gereja.

Merespons hal tersebut, seorang umat Muslim menyebutkan bahwa wasiat Anthony tak bisa dipenuhi jika dirinya tidak mengucapkan 2 kalimat syahadat dan masuk Islam.  Mendengar hal itu, Anthony pun meminta untuk dituntun mengucapkan syahadat.

Dengan nafas yang terenggah-enggah dan dibantu alat pernafasan, Anthony pun dituntun mengucapkan syahadat, pada Kamis (27/7/2023) malam.

“Saya bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah,” ucapnya disambut ucapan takbir, dalam video yang diunggah Ilmfeed, Minggu (30/07/2023).

Selang 24 jam kemudian, di hari Jumat yang mulia, Anthony menghembuskan nafas terakhirnya di usia 60 tahun. Pemakamannya dihadiri puluhan umat Islam di Green Lane. Video pemakaman Anthony itu pun langsung viral dan diunggah di banyak akun media sosial.

“Ini menunjukkan bahwa tidak ada yang tahu seperti apa akhir hidup seseorang. Semoga Allah menjaga kita teguh dalam Islam dan membiarkan kita mati dengan iman dengan syahadat di bibir kita,” tulis Ilmfeed di Twitter.

Postingan video itu juga diunggah di akun Instaram @cordova.media dan menuai respons positif dari netizen Indonesia.

" 24 jam sebelum meninggal dunia dia dibimbing mengucap kalimat syahadat dan akhirnya Anthony Wainwright menjadi seorang Muslim. Anthony meninggal di hari terbaik, yakni Jum'at, 29 Juli 2023 dan pada hari Sabtunya dikuburkan di pemakaman Masjid Green Lane, Birmingham. Semoga husnul khotimah, Anthony," tulis akun @cordova.media.

"Sakitnya menghapus dosa, syahadatnya membuka pintu surga," tulis akun @rezk***.

"Sehari sebelum meninggal convert to Islam, Artinya beliau menghadap Allah dalam keadaan putih bersih tanpa dosa, Masyaa’Allah," tulis akun emr***.

"Keren sih Muslim sehari langsung meninggal, karena hidayah adalah hak Allah yg diberikan kepada siapa saja yang Ia kehendaki," tulis akun @ebut***.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut