get app
inews
Aa Read Next : Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Jepang

Gempa Terkini Guncang Sabang M 4,8 Pusat di Laut, Ini Penjelasan BMKG

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 07:43 WIB
header img
Gempa terkini mengguncang Kota Sabang, Aceh dengan magnitudo 4,8, Jumat (27/10/2023) malam. (Foto: ist)

SABANG, iNewsPortalAceh.id - Gempa terkini baru saja mengguncang Kota Sabang, Provinsi Aceh dengan magnitudo (M) 4,8, Jumat (27/10/2023) malam pukul 20.22 WIB.

BMKG menyatakan, gempa tersebut diakibatkan aktivitas sesar besar Sumatra pada segmen West-Andaman.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Deliserdang, Sumatera Utara, Agus Riyanto menerangkan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M 4,8.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.56° Lintang Utara (LU) dan 94.59° Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 kilometer BaratDaya Kota-Sabang Aceh di kedalaman 27 kilometer.

Agus Riyanto menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat adanya aktivitas sesar besar Sumatera pada segmen West-Andaman.

"Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi itu dirasakan di daerah Banda Aceh dan Aceh Besar dengan skala intensitas II-III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Namun hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi itu," ungkap Agus Riyanto.

Hingga Pukul 20.35 WIB, sebut Agus Riyanto, hasil monitoring BMKG menunjukkan, bahwa belum ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock).

Masyarakat, imbau Agus Riyanto, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut