get app
inews
Aa Read Next : BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Gelombang Tinggi hingga 2,5 Meter Ancam Perairan Sabang

Gempa Bumi M4,0 Guncang Aceh Tengah, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Besar Sumatra

Kamis, 05 September 2024 | 14:16 WIB
header img
Gempa bumi dengan kekuatan M4,0 mengguncang wilayah Aceh Tengah, Kamis, 5 September 2024 pukul 12:28:07 WIB. Foto: Ilustrasi

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Gempa bumi dengan kekuatan M4,0 mengguncang wilayah Aceh Tengah, Kamis, 5 September 2024 pukul 12:28:07 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa hari ini  berkekuatan M4.0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.44° LU dan 96.59° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 35 km BaratDaya TAKENGON-ACEHTENGAH pada kedalaman 5 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra pada segmen Aceh-South," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan resminya.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di daerah Takengon dan Bener Meriah dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Daryono memastikan hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

"Hingga pukul 12:45 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa belum ada kejadian gempabumi susulan (aftershock)," paparnya.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut