get app
inews
Aa Read Next : Satlantas Polres Aceh Selatan Siaga di Lokasi Banjir untuk Keselamatan Pengendara dan Masyarakat

Sinergitas Panwaslih Aceh Selatan dan Media dalam mengawal Demokrasi 2024

Rabu, 01 Juni 2022 | 09:21 WIB
header img
Keterangan Photo - Salah satu persiapan awal dalam menyambut penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024.(Ichdar Ifan- iNews Tv)

ACEH SELATAN,iNews.id- Salah satu persiapan awal dalam menyambut penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024.

Panwaslih Aceh Selatan mengadakan kegiatan Diskusi. NgoPI (Ngobrol Pemilu Indonesia) bersama insan Pers dan sejumlah pegiat media sosial di Kantor Sekretariat Panwaslih Aceh Selatan, Tapaktuan, Senin sore (31/05/2022).

Diskusi NgoPI yang dihadiri para Jurnalis dan pegiat media sosial di Aceh Selatan ini mengusung tema

"Peran Media Sebagai Sarana Informasi Publik Dalam Mendukung Suksesnya Pemilu Serentak Tahun 2024,"

Ketua Panwaslih Aceh Selatan Baiman Fadhli mengatakan peran media sangat penting dalam menyukseskan dan mengawasi pemilu serentak tahun 2024.

Berpengalaman dari Pemilu tahun 2019 yang lalu, menurut Baiman peran Media sangat besar, hal tersebut dibuktikan dengan adanya laporan yang disampaikan oleh awak media terkait dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN ) di media sosial.

Ia berharap partisipasi media seperti pada pemilu tahun 2019 yang lalu terus diperkuat "tentunya pelanggaran-pelanggaran seperti yang terjadi pada tahun 2019 yang lalu jangan terulang kembali, apa lagi saat ini kita sedang membangun sinergisitas secara bahu membahu mempersiapkan diri untuk mengawasi semua tahapan pesta demokrasi 2024. sehingga upaya kita dalam mencegah terjadinya pelanggaran dapat berjalan dengan baik. Dan tentunya sangat penting kiranya perlu adanya banyak partisipasi dari berbagai pihak, harapan kita pemilu itu nanti dapat berjalan sesuai dengan landasannya yakni Luber dan Jurdil" ungkap Baiman.

Lanjutnya , "Diskusi peran media ini juga dapat dimaknai bagaimana cara kita memanfaatkan dan optimalisasi penggunaan media sebagai sarana pengawasan Pemilu dalam menyongsong Pemilu pada tahun 2024 mendatang," katanya.

Pihaknya juga berharap dari diskusi NgoPI singkat ini dapat menyerap saran dan masukan dari insan pers dan pegiat media untuk nantinya dapat menyamakan persepsi pengawasan pemilu secara partisipatif dalam sebuah kegiatan yang akan diselenggarakan oleh Panwaslih Aceh Selatan.

Maka dari itu peran media dalam hal ini juga sebagai tanggung jawab sosial, fase dan dinamika kebebasan pers harus diimbangi dengan sisi objektivitas dan pengawasan yang ideal, guna menciptakan kemitraan strategis dengan Panwaslih Aceh Selatan dalam fungsi pengawasan, dan menjaga stabilitas politik agar tetap berjalan secara ideal” pungkas Baiman

"Kegiatan ini lebih kepada menerima masukan dari rekan -rekan pers dan pegiat media terlebih dahulu, bagaimana nanti kita mempunyai formula yang baik untuk dapat menyamakan persepsi sekaligus membangun sinergisitas dalam sebuah kegiatan nantinya" jelas Ketua Panwaslih Aceh Selatan ini.

Diharapkan NgoPI ini menjadi sarana integrasi yang baik antara Panwaslih Aceh Selatan dengan media.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut