get app
inews
Aa Read Next : Dukung Maksimalisasi Pelayanan, Pj Bupati Aceh Barat Kunjungi RSUD Cut Nyak Dhien

Bupati Aceh Barat Buka Latsar Calon PNS Formasi Umum

Minggu, 05 Juni 2022 | 18:47 WIB
header img
Keterangan foto : Bupati Aceh Barat Buka Latsar Calon PNS Formasi Umum. (Afsah - iNews TV)

ACEH BARAT,iNews.id - Bupati Aceh Barat H. Ramli MS membuka Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi umum tahun 2021 golongan II dan III dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat tahun anggaran 2022 yang dilaksanakan di aula Bappeda setempat pada Sabtu (04-06-2022).

Latsar CPNS tersebut diikuti sebanyak 290 peserta yang terdiri dari 132 pria dan 158 wanita yang mulai dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2022 dengan formasi jabatan tenaga kesehatan 42 orang, tenaga teknis 246 orang, serta pola pembibitan (Polbit) 2 orang.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Barat, Ramli MS, mengatakan Latsar bagi CPNS merupakan suatu kewajiban serta salah satu syarat yang harus dilalui oleh setiap CPNS yang baru hingga nantinya di angkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Tujuannya adalah untuk membekali dan melatih para CPNS tentang pengetahuan dasar penyelenggaraan Pemerintahan sebelum nantinya di angkat sebagai PNS dilingkungan Pemkab Aceh Barat" tutur Ramli MS.

Menurutnya, PNS harus memiliki pondasi yang kuat dalam ideologi, baik ideologi agama maupun Pancasila.

Karena kata dia, hal tersebutlah yang bisa membentengi seorang abdi negara dari segala hal negatif selama menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat ujarnya.

"Kita harus melihat, mereka paham atau tidak tentang ideologi Bangsa, disinilah peran Latsar, yaitu wadah untuk memberikan pemahaman yang tepat, terutama terkait ideologi kepada para CPNS" tegas Ramli MS.

Ramli MS mengatakan pengadaan CPNS untuk formasi umum tahun 2021 tersebut diharapkan bisa meningkatkan kinerja Pemerintahan daerah serta meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat di Kabupaten Aceh Barat ujarnya.

Oleh sebab itu, ia meminta kepada para CPNS baru ini agar bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat serta menjalankan tugasnya secara profesional sesuai dengan aturan yang berlaku pintanya.

"Bagi CPNS yang berasal dari luar Aceh Barat, jangan pernah merasa sungkan atau merantau ketika bertugas di wilayah kerjanya. Berikanlah gagasan dan program kerja terbaik demi kemajuan masyarakat Aceh Barat, namun tetap memperhatikan kearifan lokal yang ada" pintanya.

Ia berharap kegiatan Latsar ini bisa di ikuti dengan serius dan sungguh-sungguh oleh para peserta sebagai tempat untuk menambah ilmu pengetahuan serta melatih dan mengembangkan kompetensi bagi CPNS dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pemerintahan yang mempunyai integritas, loyalitas, kompetensi, wawasan kebangsaan, dan profesional pungkasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Aceh Barat selaku Ketua Panitia Pelaksana, Zakaria SE, menyampaikan tujuan pelaksanaan Latsar adalah untuk mengaktualisasi nilai-nilai dasar serta membentuk CPNS untuk nantinya menjadi PNS yang profesional, berintegritas, jujur, disiplin, anti korupsi dan cinta tanah air ujarnya.

Ia menjelaskan pelaksanaan Latsar akan dibagi kedalam 8 angkatan yang akan mulai dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2022 tuturnya. "Direncanakan latsar untuk 5 angkatan akan dilaksanakan tahun 2022 ini, dan 3 angkatan lagi rencananya akan dilaksanakan di awal tahun 2023 mendatang, mengingat waktu dan anggaran yang tersedia cukup terbatas" kata Zakaria.

Latsar CPNS golongan II dan III Kabupaten Aceh Barat formasi umum tahun 2021 ini akan dilaksanakan selama 51 hari kerja per angkatan dengan jumlah peserta sebanyak 290 orang yang terdiri dari 132 pria dan 158 wanita dengan formasi jabatan tenaga kesehatan 42 orang, tenaga teknis 246 orang, serta pola pembibitan (Polbit) 2 orang pungkasnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut