Logo Network
Network

Mahasiswa Olah Biopori di Tanah Untuk Antisipasi Terjadi Banjir Genangan

Musriadi
.
Senin, 06 Juni 2022 | 08:00 WIB
Mahasiswa Olah Biopori di Tanah Untuk Antisipasi Terjadi Banjir Genangan
Mahasiswa olah Biopori di Tanah Untuk Antisipasi Terjadi Banjir Genangan.(Musriadi-iNews TV)

BIREUN, iNews.id - Mahasiswa Program Pasca Sarjana Universitas Almuslim Peusangan,Bireuen melalui kuliah lapangan dan pengabdian kepada masyarakat melaksanakan kegiatan sosialisasi penanggulangan banjir genangan dengan membuat biopori di tanah halaman rumah.

Memperingati hari lingkungan 05 juni 2022 mahasiswa program pasca sarjana universitas almuslim dengan selogan generasi restorasi lingkungan melakukan kegiatan pembuatan biopori di halaman Kantor Camat Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, Aceh pada hari Minggu 05 Juni 2022 pagi kemarin.

Manfaat biopori selain untuk menjaga ketersediaan air juga dapat mengurangi sampah organik menyuburkan tanah serta membantu mencegah terjadinya banjir.

Namun telah banyak sosialisasi biopori yang dilakukan namun demikian masyarakat masih belum dapat mengimplementasikan di lapangan karena kurangnya contoh secara nyata pendampingan secara langsung kepada masyarakat.

Maka nantinya sangat diperlukan sebagai rangkaian kegiatan pembuatan biopor oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat memberikan contoh langsung pembuatan biopori itu.

Dr Cut Azizah ST MT Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Almuslim mengatakan bersama mahasiswa program pasca sarjana universitas almusli dari vakultas program magister pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan prodi kehutanan fakultas pertanian dan prodi teknik sipil melakukan kegiatan atau sosialisasi pembuatan biopori di halaman kantor kecamatan peusangan guna untuk meng antisipasi terjadi banjir genangan di halaman kantor tersebut.

Sementara Ir. Razuardi MT penggiat lingkungan mengatakan ia mensosialisasikan kepada mahasiswa yang hadir pada kegiatan disini bagai mana cara mengantisipasi banjir genangan biasa serta membangkitkan semangat muda mudi di seluruh Aceh untuk menjaga lingkungan.

Ismahadi mahasiswa program PASCA sarjana universitas almuslim mengatakan dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yang dilakukan melalui sosialisasi dan dilanjutkan pendampingan pembuatan biopori maka diharapkan semakin membuat masyarakat sadar akan pentingnya biopori.

Selain itu pelaksanaan biopori yang mudah cepat dan murah diharapkan dapat membangkitkan ketertarikan bagi masyarakat untuk membuatnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.