get app
inews
Aa Read Next : Pekan Olahraga Nasional Sumut - Aceh 2024, Sebagian Besar Venue Sudah Rampung diKerjakan

Banyak Lokasi Wisata di Aceh Tenggara Terkesan Terabaikan oleh Pihak Terkait

Senin, 13 Juni 2022 | 11:56 WIB
header img
FTerlihat warga tengah berswafoto menikmati eksotisnya Alam di Ketambe Aceh Tenggara.(foto : Medi Arjun -iNews TV)

ACEH TENGGARA, iNews.id - Tanah rencong Aceh di kenal dengan lokasi wisata alam dan sungai yang mempesona di mata wisatawan Mancanegara, di karenakan Aceh di kelilingi pegunungan dan sungai yang indah.

Seperti halnya keindah panorama alam lintas Aceh Tenggara - Gayo Lues, tepatnya di Ekowisata Lawe Gurah Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara membuat para pelintas kagum.

Sayangnya, keindahan alam di Bumi Sepakat Segenep ini terkesan diabaikan dan kurang "sentuhan" pemerintah setempat. Padahal dengan andalan alam yang indah ini, banyak hal bisa kita lakukan.

Mulai dari objek wisata air terjun Lawe Dua, objek wisata lawe sikap, hingga lokasi wisata lainnya berada di Kabupaten ini, imbuh Almujawadin, (26), salah satu pelintas singgah di Puncak Gunung Ketambe, kepada iNews.id, pada Senin 13 Juni 2022.

Kata dia, seperti tempat ini misalnya. Kalau pemerintah, ataupun dinas terkait jeli, dengan fasilitas sudah dibangun pemerintah kabupaten, layaknya tempat ini akan lebih hidup.

"Tentunya perekonomian masyarakat pun juga bisa berkembang di tempat ini." Sebab, dengan banyaknya orang singgah melintas, melihat keindahan pemandangan alam dan udara segar di pegunungan.

Baik itu warga lokal dan pelintas, pihak terkait bisa membuka semacam tempat jajanan atau tongkrongan mengandalkan indahnya panorama alam di tempat ini, ujarnya menyarankan.

"Kalau di luar, khsusnya wilayah Jawa, Klaten, Bogor, Bandung, Bali dan lainnya. Tempat seperti ini sudah jadi rebutan." Tak usah jauh, kata dia, di Wisata Bawah Air Desa Ponggok, Klaten Jawa Tengah, tempat itu selalu ramai.

Sementara, disini masih banyak lahan kosong dan salah satu daerah yang kaya akan air bersih. Dia mengatakan, seharusnya pihak terkait turut menfasilitasi, sehingga tempat ini hidup dan menjadi lokasi singgah bagi pelancong dan masyarakat.

Khususnya Aceh Tenggara, sangat banyak andalan pesona alam dan wisatanya. Tinggal saja bagaimana pihak dinas harus jeli melihat peluang ini," ucap Almujawadin.

Hal senada turut dikatakan Putra, mengaku sering melintas di jalur berkelok dan tanjakan lintas Aceh Tenggara - Gayo Lues.

Sepanjang jalan di Aceh Tenggara ini, alam dan wisata sungainya dinilai eksotis, termasuk beberapa sungai dilihatnya saat melintasi jalan.

Dia sangat yakin, jika tempat ini dikelola dengan serius dan benar, ini akan menjadi income daerah, katanya mengakhiri.

Pengamatan di lokasi, terlihat warga tengah berswafoto berlatar pemadangan alam yang disuguhi beberapa sungai yang indah.

 

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut