Penangkaran Bayi Penyu di Aceh Singkil Jadi Magnet Bagi Wisatawan

Suparman Munthe
Penangkaran Bayi Penyu di Aceh Singkil Jadi Magnet Bagi Wisatawan. (Foto : Suparman Munthe - iNews TV/ MNC)

ACEH SINGKIL, iNews.id- wisata penangkaran penyu di pulau banyak Aceh Singkil saat ini semakin ramai di kunjungi oleh wisatawan.

Selain menikmati keindahan alam mereka juga bisa melihat dan terlibat langsung dalam upaya pelestarian habitat penyu menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Menikmati wisata bahari sambil mendapatkan edukasi tentunya menjadi idaman wisatawan terkhususnya bagi wisatawan yang ingin mengenal berbagai keindahan yang ada di lingkungan sekitar.

Penangkaran penyu yang ada di Desa Teluk Nibung, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh menjadi magnet tersendiri kepada wisatawan lokal maupun luar daerah.

Pada penangkaran penyu yang dikelola yayasan Ujung Batu Lestari ini pengunjung bisa menyaksikan aktifitas yang ada pada penangkaran itu.

Bonusnya pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dan membantu petugas membersihkan tukik atau anak penyu serta memberi makan penyu yang ada disana tentunya dalam pengawasan petugas.

Hingga kini sudah sekitar 700 anak penyu yang di tangkarkan dan di lepas liarkan dengan 2 jenis penyu diantaranya penyu hijau dan penyu sisik.

Dedi Lawadi, petugas penangkaran peyu mengatakan bayi-bayi penyu itu akan dirawat di penangkaran hingga berusia sekitar 6 bulan sehingga memiliki peluang hidup lebih besar saat di lepas ke alam liar.

Sementara itu salah seorang pengunjung Jefri Abdullah, mengapresiasi penangkaran ini guna mengembalikan populasi penyu yang saat ini semakin hilang.

Selain menikmati penangkaran bayi penyu di sekitar lokasi itu pengunjung juga dapat melihat berbagai jenis hewan laut lain yang jarang bisa dilihat tanpa harus menyelam salah satunya ikan nemo yang terkenal lewat film animasi finding nemo.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network