Pekan Olahraga Nasional Sumut - Aceh 2024, Sebagian Besar Venue Sudah Rampung diKerjakan

Andhika Khoirul Huda

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id - Sumatera Utara (Sumut) sudah siap menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024.

Sebab, semua venue yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan sudah hampir rampung dikerjakan.

PON Aceh-Sumut 2024 akan diselenggarakan pada 8 hingga 20 September mendatang. Ini menjadi kali pertama pesta olahraga terakbar se-Indonesia itu dihelat di dua provinsi sekaligus.

Selain itu, ini juga kali pertama dalam sejarahnya bagi Aceh menghelat PON. Sementara bagi Sumut, ini adalah PON kedua yang digelar di wilayah mereka sejak edisi 1953 lalu.

Sebanyak 67 cabang olahraga (cabor) bakal dipertandingkan di PON edisi ke-21 tersebut. Dengan rincian, 34 cabor bertanding di Sumut dan 33 cabor lainnya bersaing di wilayah Aceh.

Ketua Umum PB PON XXI/2024 Aceh Sumut, Agus Fatoni, pun mengaku bangga Sumut bisa kembali menggelar perhelatan olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

Menurutnya, ini menjadi kesempatan emas untuk menunjukkan identitas wilayahnya secara nasional dan juga internasional.

“Jadi ini suatu kebangaan bagi Sumut menjadi tuan rumah PON ke-21, karena terakhir kali kita jadi tuan rumah itu tahun 1953. Oleh karena itu ini kita sambut dengan antusias dan ingin kita sukseskan,” kata Fatoni dalam acara talkshow di kanal Youtube Forum Merdeka Barat 9, Senin (29/7/2024) kemarin.

“Ini juga menjadi momentum untuk memperkenalkan Sumatera Utara, baik secara nasional maupun internasional. Kita akan tunjukkan bahwa Sumut itu ada harmoni, berbagai suku, agama, latar belakang di sana cukup banyak, hidup berdampingan secara damai, bergotong-royong sama-sama menyukseskan PON,” tambahnya.

Pemerintah pusat sendiri memberikan anggaran dana sebesar Rp516 miliar untuk penyelenggaraan PON Aceh-Sumut 2024.

Biaya tersebut termasuk untuk membangun venue baru maupun revitalisasi venue-venue yang sudah ada. Fatoni pun mengungkapkan saat ini mayoritas venue PON Aceh-Sumut 2024 yang berada di wilayah Sumut sudah rampung dibangun.

Hanya tinggal Stadion Teladan saja yang akan menjadi tempat upacara penutupan yang baru diperkirakan selesai digarap pada pertengahan Agustus mendatang.

Sebagian besar venue itu sudah siap. Di gambar tadi yang belum siap itu stadion utama, itu untuk acara penutupan, jadi secara keseluruhan mayoritas sudah siap,” jelas Fatoni.

Editor : Jamaluddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network