Dokter Sejumlah Puskesmas Kosong, Alamp Aksi Desak Pj Bupati Tempatkan Dokter

Suparman Munthe
Dokter Sejumlah Puskesmas Kosong, Alamp Aksi Desak Pj Bupati Tempatkan Dokter. (Foto: Suparman Munthe-iNewsTV).

ACEH SINGKIL, iNews.id - Dokter pada Sejumlah Puskesmas di Kabupaten Aceh Singkil di kabarkan kosong diantaranya di Puskesmas Pulau Banyak Barat dan Puskesmas Suro.

Sementara di Puskesmas Singkohor, seorang dokter telah di tunjuk oleh Pj Bupati Aceh Singkil berdasarkan Surat Nomor: PEG.824.3/955/2022, Tentang Pindah Tugas Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemkab Aceh Singkil, tertanggal 5 Agustus 2022 yang diteken Pj Bupati Aceh Singkil.

Dalam surat tersebut dijelaskan "Terhitung mulai 08 Agustus 2022, Pegawai Negeri Sipil, Nama dr Afriliansyah, Jabatan Dokter Ahli Muda pada UPTD Puskesmas Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil dipindah - tugaskan ke UPTD Puskesmas Singkohor Kabupaten Aceh Singkil pada Jabatan Dokter Ahli Muda".

Menanggapi Kekosongan Dokter di Sejumlah Puskesmas itu, Ketua DPD Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (Alamp Aksi) Kabupaten Aceh Singkil mendesak Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis, S.T.,D.E.A, segera mencari solusi prihal itu.

"Kita mendesak Pj Bupati Aceh Singkil agar segera menunjuk dokter untuk mengisi Puskesmas yang saat ini mengalami kekosongan tenaga dokter", kata ketua Alamp Aksi Aceh Singkil, Jakirun Bancin, Kamis (11/8/2022).

Menurut Jakirun, Puskesmas merupakan satu Instansi yang langsung bersentuhan dengan masyarakat terkait berbagai hal.

"Ada banyak jiwa di setiap daerah di Kecamatan yang membutuhkan pelayanan maksimal dari setiap Puskesmas", tegasnya.

Namun, lanjutnya, jika dokter saja kosong di Puskesmas, bagaimana pelayanan di Instansi itu bisa berjalan dengan maksimal.

"Kekosongan Dokter di Puskesmas ini akan menjadi perhatian khusus buat kita, ini menyangkut hajat orang banyak", tegasnya.

Jakirun juga mempertanyakan banyaknya dokter yang saat ini bertugas di Puskesmas Gunung Meriah dan Puskesmas Singkil.

"Saya rasa, beberapa dokter dari dua puskesmas itu bisa dipindah tugaskan ke Puskesmas yang saat ini mengalami kekosongan", tuturnya.

Karena, sebutnya, dokter di dua Puskesmas itu saya rasa sudah terlalu banyak.

Sementara itu, tambahnya, dari berbagai sumber yang kita peroleh, dokter yang di tunjuk untuk di tempatkan pada Puskesmas Singkohor hingga kemarin (10/8/2022) belum aktif bekerja pada Puskesmas lokasi penempatan.

"Kita juga ingatkan kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Singkil agar dokter yang bersangkutan dapat segera di panggil dan di ingatkan sesuai dengan regulasi terhadap ASN itu sendiri", pintanya.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network