Rusia Peringatkan Perang Dunia III Bisa Terjadi jika Ukraina Gabung NATO

Anton Suhartono
Pejabat Dewan Keamanan Rusia memperingatkan Perang Dunia III bisa terjadi jika Ukraina gabung NATO (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNewsPortalAceh.id - Pejabat Dewan Keamanan Rusia Alexander Venediktov memberikan peringatan keras jika Ukraina bergabung ke NATO. Bergabungnya Ukraina ke NATO, kata dia, akan meningkatkan eskalasi yang bisa memicu Perang Dunia III.

Presiden Volodymyr Zelensky mengumumkan, Ukraina mendapat tawaran jalur cepat keanggotaan NATO beberapa jam setelah Vladimir Putin mengumumkan pencaplokan empat wilayah negaranya.

Namun jalan untuk mendapat status penuh keanggotaan NATO masih panjang karena Ukraina harus mendapat persetujuan dari semua anggota, yakni 30 negara.

"Kiev sangat sadar bahwa langkah seperti itu (bergabung ke NATO) berarti jaminan terhadap eskalasi Perang Dunia III," kata pria yang menjabat wakil sekretaris Dewan Keamanan Rusia itu, kepada kantor berita TASS, Kamis (13/10/2022).

Dia menilai permohonan Ukraina untuk bergabung ke NATO merupakan propaganda karena Barat paham betul akan dampak dari keanggotaan Ukraina.

"Watak bunuh diri dari langkah seperti itu dipahami oleh anggota NATO," katanya.

Putin berulang kali mengecam AS yang mendorong ekspansi NATO ke timur, mendekati negara-negara pecahan Uni Soviet, termasuk Ukraina dan Georgia.

Wilayah-wilayah itu dianggap Rusia sebagai bagian dari lingkup pengaruhnya.

Saat mengumumkan mobilisasi militer pada 21 September, Putin memperingatkan siapa saja yang mengancam kedaulatan teritorial Rusia.

Putin berjanji akan menggunakan semua cara yang diperlukan untuk mempertahankannya.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network