Pemkab Aceh Tenggara Akan Lepas 108 CJH ke Banda Aceh

Medi Arjuna
Pemkab Aceh Tenggara Akan Lepas 108 CJH ke Banda Aceh.(iNews/ Media Arjuna).

ACEH TENGGARA, iNewsPortalAceh.id -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara (Agara) pada Jum'at malam (26/6/2023) akan melepas calon jemaah haji (CJH) dari ruang Oproom Setdakab Agara menuju kota Medan lalu langsung ke Banda Aceh.

Kabag Kesra Setdakab Aceh Tenggara, dr. Hj. Irawati saat ditemui iNewsPortalAceh.id Jum'at (26/5/2023) mengatakan, InsyaAllah malam ini sebanyak 102 calon jemaah haji dari Aceh Tenggara akan berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

Sebelum berangkat seluruh CJH akan dipesijuek/tepung tawar di Oproom Setdakab oleh sejumlah pejabat teras, ulama dan tokoh adat di Agara lalu dilepas dan langsung berangkat menuju kota Banda Aceh," ujar Irawati sapaan akrab Kabag Kesra itu.

Irawati menjelaskan para calon jemaah haji akan berangkat menggunakan taxi travel dari Agara menuju Bandara Kualanamu lalu menuju Banda Aceh dengan pesawat, dan menuju ke Asrama Haji Banda Aceh, dan perlu diketahui bahwa CJH yang berangkat tahun 2023 ini adalah yang mendaftar pada tahun 2011 lalu.

"Disana para CJH nantinya akan dilepas Pj Bupati Agara Drs. Syakir, M.Si., sebelum berangkat ke Tanah Suci," katanya.

Seluruh biaya transport keberangkatan CJH, tas begasi dan lainnya dibiayai oleh Pemkab Agara melalui anggaran daerah.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Aceh Tenggara, Syaiful mengatakan, sesuai dengan pesan Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Aceh drs. Azhari, kepada Kakanmenag Kabupaten/kota memberikan pelayanan terbaik, mengingat Calon Jamaah Haji banyak yang sudah lanjut usia (Lansia), dan harus ramah dalam melayani sesuai dengan arahan menteri agama.

"Sebanyak 102 calon jemaah haji asal Agara berangkat dalam kloter 5, dan 6 orang CJH tambahan akan berangkat pada kloter 11 nantinya, Para CJH akan terbang dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh menuju Tanah Suci pada tanggal 28 Mei pagi," tuturnya.

Syaiful juga menyampaikan ada CJH yang tertua yaitu berusia 93 tahun bernama Rujemah Ramimah dari desa simpang semadam, dan yang termuda berusia 23 tahun bernama Abdul Kadir dari desa kuning, yang merupakan pelimpahan dari orang tuanya.

"Diharapkan pelepasan CJH ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses sebagaimana yang kita harapkan, semoga sepulangnya dari Tanah Suci seluruh CJH Agara nantinya akan menjadi haji mabrur," ungkapnya.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network