Program Ketahanan Pangan, Pemerintah Desa Gumpang Jaya Bagikan Bibit Mangga Kepada Warga

Medi Arjuna
Teks Foto : Kegiatan ketahan pangan, Pemerintah Desa Gumpang Jaya bagikan bibit mangga jenis Red Ivory kepada warga (foto: inews.id/ Medi Arjuna)

ACEH TENGGARA, iNewsPortalAceh.id - Dalam Rangka Penguatan Program Ketahanan pangan Tingkat Desa berupa pengadaan bibit tanaman buah-buahan yang akan dibagikan kepada masyarakat, Pemerintah Desa Gumpang Jaya, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara membagikan bibit mangga jenis Red Ivory kepada warga, setiap rumah mendapat 1 bibit mangga yang sudah di ditanam kedalam planterbag, Sabtu (27/5/2023).

Sebanyak 200 bibit mangga jenis Red Ivory yang akan dibagikan oleh Pemerintah Desa. Adapun bibit tanaman yang dibagikan berupa Bibir Mangga Red Ivory dan Bibit Terong, Bibit Seledri, dan Bibit Cabai.

Pembagian bibit mangga ini merupakan program Ketahanan Pangan Pemerintah Desa Gumpang Jaya yang bersumber dari Anggaran Dana Desa Tahun 2023, yaitu 20 % dari ADD sebesar Rp.122.400.000.

Dalam penyaluran bibit tersebut masyarakat diharuskan membawa fotocopy KK dan KTP agar mempermudah petugas dalam mendata.

Kepala Desa Gumpang Jaya, Faisal kepada iNewsPortalAceh.id, mengatakan program ketahanan pangan ditingkat desa ini dilakukan supaya masyarakat mempunyai tambahan penghasilan ketika tanaman itu sudah memasuki panen.

Selain itu adalah upaya peningkatan gizi agar masyarakat mencintai produk lokal dan mengkonsumsi buah-buahan hasil sendiri.

“Semoga dengan bantuan bibit hortikultura ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat,” kata Faisal, Sabtu (27/5/2021).

“Ada 200 bibit mangga jenis Red Ivory siap tanam kita bagikan kepada 160 Kepala Keluarga,” lanjutnya.

Kegiatan pembagian bibit ini juga dihadiri oleh Camat Babusalam, dan di dampingi oleh Anggota BPK Desa Gumpang Jaya, Zinuddin Cibro dan tokoh masyarakat.

Sementara itu, Camat Babussalam, Supardi, S.STP., mengatakan dalam upaya memanfaatkan lahan pekarangan yang tidak produktif di masyarakat, Desa Gumpang telah membagikan sebanyak 200 bibit hortikultura yaitu Mangga Jenis Red Ivory kepada 160 KK, dan bibit tanaman seperti Bibit Terong, Cabai, dan Seledri juga ikut dibagikan.

Supardi juga menjelaskan bahwa lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga.

Hanya saja, pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal.

"Mayoritas masyarakat masih memanfaatkan lahan pekarangan seadanya saja, padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga," ujar Supardi.

Dengan adanya program ini, Supardi sebagai Camat Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara berharap semoga dengan adanya pembagian bibit hortikultura ini dapat bermanfaat kepada masyarakat dimasa yang akan datang.

Penyaluran Bibit tersebut dilaksanakan di perkarangan Lahan Ketahanan Pangan Desa Gumpang Jaya. Kegiatan ini berjalan dengan Tertib dan Lancar.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network