Benteng Perlindungan Akhir Warga Gaza Bakal Diserang Israel, Saudi: Ini Sangat Berbahaya!

Ahmad Islamy Jamil
Keterangan Foto: Bocah-bocah Palestina di kamp pengungsian di Rafah, Jalur Gaza selatan. (Foto: Reuters).

RIYADH, iNewsPortalAceh.id – Arab Saudi memperingatkan dampak yang sangat berbahaya dari serangan Israel terhadap Kota Rafah di Jalur Gaza. Kota kecil itu menjadi tempat ribuan warga Palestina mencari perlindungan dari perang Israel-Hamas.

Dalam pernyataannya pada akhir pekan ini, Kementerian Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi mengatakan, Rafah adalah tempat perlindungan terakhir bagi ratusan ribu warga sipil yang terpaksa mengungsi akibat agresi brutal Israel.

Riyadh pun menolak sepenuhnya dan mengutuk keras terhadap pemindahan paksa warga Palestina oleh Israel, sembari kembali menyerukan gencatan senjata segera.

“Pelanggaran yang disengaja terhadap hukum internasional dan kemanusiaan menekankan perlunya Dewan Keamanan PBB untuk segera bertemu guna mencegah Israel menyebabkan bencana kemanusiaan dalam waktu dekat,” kata Kemlu Saudi, Sabtu (10/2/2024).

PBB mengungkapkan, sekitar setengah dari 2,4 juta penduduk Gaza kini berlindung di Rafah. Banyak dari mereka tidur di luar tenda dan tempat penampungan sementara.

Kondisi tersebut meningkatkan kekhawatiran akan kekurangan makanan, air, dan sanitasi di kalangan pengungsi Palestina di kota itu.

Pada Jumat (9/2/2024), Kepala Badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), Philippe Lazzarini mengatakan, serangan besar-besaran Israel di Rafah hanya dapat menyebabkan tragedi yang tak ada habisnya.

Sebelumnya, Netanyahu memerintahkan para pejabat militer untuk menyusun rencana untuk “mengevakuasi” Rafah sekaligus “menghancurkan” para pejuang Hamas di kota tersebut.

Editor : Jamaluddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network