Dandim 0105 Bersama Instansi Terkait Dampingi Tim Monev Pusat Cek Optimasi Lahan Rawa di Aceh Barat

Afsah

ACEH BARAT, iNewsPortalAceh.id- Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pusat melaksanakan peninjauan dan pengecekkan Optimalisasi Lahan (Opla) Rawa tadah hujan di wilayah teritorial Kodim 0105/Abar, Minggu (22/7/2024).

Kehadiran rombongan Tim Monev ini disambut langsung oleh Dandim 0105/Abar Letkol Inf Hendra Mirza, S.E., M.Si., beserta Kadis Pertanian Aceh Barat Ir. Safrizal, SP., M.Sc., Kepala Bidang Sarpras Dinas Pertanian Aceh Barat Hendra Marsaid dan Danposramil 06/Bubon Peltu Rodi Syahputra.

Sementara rombongan Tim Monev Pusat dari Kementerian Pertanian RI yang melakukan pengecekkan diantaranya Staf Ahli Kementan RI Prof. DR. Ir. Muhammad Syakir, Kadis Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh Ir. Cut Huzaimah, M.P., Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Aceh Firdaus, SP., M.Si., dan Waaster Kodam IM Letkol Inf Tony Setyo Widodo.

Adapun lokasi Optimasi Lahan Rawa yang ditinjau adalah di 3 (Tiga) titik Pompanisasi yang ada di wilayah Kecamatan Bibon, diantaranya yang ada di Desa Alue Lhok, Suka Pangkat dan Blang Sibeutong.

Secara global, kegiatan Monev ini dilakukan dalam rangka memonitor dan mengevaluasi langsung terkait perkembangan pembuatan Pompanisasi/Pipanisasi yang merupakan program Optimasi Lahan Rawa tadah hujan.

Kunjungan Tim Monev ini menjadi langkah penting dalam upaya memaksimalkan pemanfaatan lahan rawa yang muaranya dapat membantu masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai Petani sehingga secara fundamental semakin bersemangat lagi dalam bercocok tanam mengolah lahan Pertaniannya yang endingnya dapat meningkatkan hasil panen.

Hasil amatan di lokasi, seluruh rangkaian peninjauan lokasi Optimasi Lahan berjalan aman dan lancar serta telah sesuai standarisasi yang telah ditentukan.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network