Siapa Habib Bugak Al Asyi yang Wakafnya Bisa Beri Uang 1400 Riyal kepada Tiap Jamaah Haji Aceh?

salam ramadhani
Keterangan Foto: Habib Bugak Al Asyi yang beri dana wakaf setiap tahunnya kepada jamaah haji Aceh. (Foto: YouTube HABA ASA News)

MEKKAH, iNewsPortalAceh.id - Siapa sosok Habib Bugak Al Asyi yang wakafnya bisa beri uang 1400 riyal kepada tiap jamaah haji Aceh?

Setiap tahunnya jamaah haji asal Aceh mendapat Wakaf Baitul Asyi atau Wakaf Habib Bugak Asyi.

Pada tahun 2024 ini, jamaah haji Aceh mendapat bantuan dana wakaf sebesar 1500 riyal atau setara Rp6 juta untuk setiap orang.

Wakaf ini telah berlangsung sejak 200 tahun lalu ketika Habib Bugak Asyi masih hidup. Wakaf pun masih terus berjalan hingga saat ini.

Habib Bugak Asyi atau bernama lengkap Habib Abdurrahman bin Alwi Al-Habsyi merupakan sosok habib yang berasal dari Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

Ia berkunjung ke Aceh pada tahun 1760 saat masa pemerintahan Sultan Alauddin Mahmud Syah I.

Habib Bugak kemudian menetap di Aceh dan menjadi orang kepercayaan sultan Aceh saat itu. Bugak sendiri merupakan sebuah julukan khusus yang diberikan kepada para tokoh agama di Aceh.

Saat menetap di Aceh, Habib Bugak menggagas penggalangan dana dari warga Aceh. Dana tersebut rencananya digunakan untuk membeli tanah di sekitar Masjidil Haram.

Pada tahun 1809, setelah dana terkumpul dengan sistem transparan, Habib Bugak Asyi kembali ke Kota Makkah di Arab Saudi untuk membeli tanah yang ia janjikan.

Setelah tanah dibeli, Habib Bugak Asyi kemudian membangun rumah singgah khusus untuk masyarakat Aceh yang menunaikan ibadah Haji.

Tanah wakaf dan rumah tersebut selanjutnya diberi nama Baitul Asyi yang berarti Rumah Aceh.

Ia kemudian berikrar wakaf di depan Hakim Mahkamah Syar'iyah Makkah.

Editor : Jamaluddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network