Menteri AHY Tinjau Layanan Tanah Akhir Pekan dan Serahkan Sertipikat Tanah Elektronik

Medi Arjuna
Teks Foto : Pastikan Layanan Kementerian ATR/BPN selalu hadir, Menteri AHY Tinjau Layanan Tanah Akhir Pekan dan Serahkan Sertipikat Tanah Elektronik. (Dok : Biro Humas Kementerian ATR/BPN)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meninjau Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN) dan menyerahkan Sertipikat Tanah Elektronik di Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Balikpapan (11/08/2024).

Peninjauan dilakukan untuk memastikan jajaran ATR/BPN selalu siap melayani masyarakat, termasuk saat akhir pekan.

Di Kantah Kota Balikpapan, Menteri AHY juga menyerahkan 20 Sertipikat Tanah Elektronik bagi lembaga pemerintah maupun masyarakat.

“Sertipikasi tanah elektronik ini penting, masuk ke _database_, sehingga lebih akuntabel, transparan, efisien, memperkecil ruang bagi terjadinya kejahatan pertanahan oleh mafia tanah. Yang biasanya dokumen lama bisa dipalsukan, digandakan, dan disalahgunakan, dengan sistem alih media yang baru ini menjadi Sertipikat Tanah Elektronik mudah-mudahan bisa baik lagi manfaatnya,” tutur Menteri AHY.

Sertipikat Tanah Elektronik yang diserahkan kali ini antara lain hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), sertipikat tanah wakaf, dan sertipikat Barang Milik Negara (BMN) untuk Polri dan Kementerian PUPR yang berlokasi di Kota Balikpapan.

Salah satu penerima sertipikat, Sudarto (72) yang datang bersama istrinya, Siti Marsaniah (68) menyampaikan terima kasih kepada Menteri ATR/Kepala BPN dan jajaran Kantah Kota Balikpapan yang telah menerbitkan sertipikat tanahnya.

Dengan demikian, keduanya merasa lebih leluasa untuk membangun rumah di atas tanah yang dimilikinya sejak enam tahun silam.

“Terima kasih, alhamdulillah, sekarang merasa tenang. Sertipikat ini mau disimpan saja karena saya juga sudah tua dan tanahnya akan dibangun rumah. Sejak 2018 kami punya tanah ini, akhirnya disertipikatkan,” ungkap Sudarto diamini dengan senyum sang istri.

Editor : Jamaluddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network