Pertamina EP Rantau Field Berhasil Tangani Insiden Kebakaran saat Perawatan Sumur Minyak

Kingli
Pertamina EP Rantau Field Berhasil Tangani Kejadian Insiden Kebakaran saat Perawatan Sumur.(Foto : Dok Kingli).

KUALA SIMPANG, iNewsPortalAceh.id — Pertamina EP (PEP) Rantau Field berhasil tangani insiden kejadian kebakaran di salah satu sumur yang sedang melakukan pekerjaan perawatan yang berlokasi di Kampung Bukit Tempurung, Kecamatan Kota Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, pada Sabtu (17/08 /2024).

Api mulai muncul pada pukul 14.10 WIB saat masuk rangkaian pekerjaan pengerikan untuk membersihkan tubing produksi setelah pencabutan pompa ESP.

Tim Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) PEP Rantau Field langsung dikerahkan menuju ke lokasi dan api berhasil dipadamkan pada pukul 14.53 WIB.

_Fire truck_ dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tamiang dan HSSE PEP Rantau Field turut mengatasi kebakaran tersebut.

Langkah cepat tim PKD PEP Rantau Field membuat api berhasil dipadamkan dalam waktu singkat sehingga meminimalisir dampak buruk yang terjadi.

PEP Rantau Field pun berhasil melakukan penanganan medis terhadap 4 orang kru yang saat ini telah mendapatkan perawatan lebih lanjut di RSUD Aceh Tamiang.

PEP Rantau Field juga langsung berkoordinasi dengan Kapolres Aceh Tamiang dan Dandim 0117/Aceh Tamiang, untuk membantu menjaga area aman di lokasi kebakaran sumur yang berpotensi menjadi tontonan warga agar kerja tim PKD PEP Rantau Field tidak terganggu.

Telah dipasang garis area aman dan personil untuk berjaga.

Setelah kebakaran berhasil dipadamkan, tim langsung melakukan pembersihan di area sekitarnya.

Saat ini pengamanan dan monitoring sumur pun masih terus dilakukan untuk memastikan lokasi betul-betul aman dan tidak menimbulkan bahaya lebih lanjut bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Pjs Field Manager PEP Rantau, Edwin Susanto, menjelaskan bahwa kebakaran ini terjadi di sumur produksi yang sedang dilakukan pekerjaan perawatan sumur (_well service_) sebagai upaya untuk mengoptimalkan produksi minyak dari sumur tersebut.

“Kami masih melakukan investigasi menyeluruh atas kejadian ini, namun dapat kami pastikan bahwa api telah berhasil teratasi dan monitoring lokasi pun terus dilakukan, tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada BPBD Aceh Tamiang yang turut memberikan dukungan _fire truck_ untuk proses pemadaman ini”, terang Edwin.

Dirinya juga mengimbau masyarakat untuk tidak mendekat ke lokasi kejadian agar tidak membahayakan diri dan dapat dilakukan penanganan secara maksimal.

Sementara itu bagi pekerja dan mitra kerja Pertamina, agar tetap memperhatikan faktor HSSE.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network