Pertandingan Cabor Arung Jeram PON Ke-XXI Resmi dibuka Pj Gubernur Aceh

Medi Arjuna
Teks Foto : Pj Gubernur Aceh, Safrizal ZA, M.Si., membuka pertandingan Arung Jeram pada PON Ke-XXI Aceh-Sumut, dilapangan Pemuda Kutacane, Aceg Tenggara. (Foto : iNews/Medi Arjuna)

ACEH TENGGARAiNewsPortalAceh.id - Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Safrizal ZA, M.Si., membuka secara resmi pertandingan Arung Jeram pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-XXI Aceh-Sumatera Utara dilapangan Pemuda Kutacane, Selasa 10 September 2024.

Dalam kesempatan ini, seluruh atlet arung jeram dan sejumlah official turut hadir mengikuti pawai kontingen yang disambut hangat Pj Gubernur Aceh, PJ Bupati Aceh Tenggara, Ketua Umum KONI, Ketua Umum dan Pengurus Federasi Arung Jeram Indonesia (Faji), yang demeriahkan dengan tarian tradisional alas belo mesusun.

"Aceh Tenggara merupakan Kabupaten yang sangat beruntung, karena pertama sekali saya kunjungi selain Aceh Besar dan Banda Aceh, ini sangat istimewa sebab Venue arung jeram pada PON Ke-XXI saat ini dilaksanakan pada dua sungai, yakni sungai Mamas dan Sungai Alas yang airnya bersumber dari Taman Nasional Gunung Leuser dan ini menjadi kebanggaan bagi kita," kata Pj Gubernur Aceh Safrizal.

Selain membuka pertandingan Arung Jeram, rangkaian kegiatan berupa penampilan seni budaya alas seperti penampilan tari belo mesusun, dan pelebat yang melibatkan 21 pasangan, serta kenduri ala pemamanan, yang telah disiapkan lebih kurang sebanyak 250 Pahakh (Hidangan Khas Suku Alas) yang di jamu di Halaman Kantor Bupati Aceh Tenggara dengan mengundang seluruh para atlit Arung Jeram, official dan panitia yang berasal dari 14 Provinsi serta panitia pertandingan Arung Jeram.

Dalam kunjungannya, Pj. Gubernur Aceh Safrizal dan rombongan, Forkopimda Aceh Tenggara serta para official dengan memakai pakaian adat suku alas dan diarak dengan jinto kude (menunggang Kuda) menuju Kantor Bupati untuk menghadiri kenduri (makan dan do'a bersama).

Editor : Jamaluddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network