Peringati Hari Kebersihan Dunia, PJ Gubernur Aceh dan PLH Sekda Aceh Pilah Sampah di Stadion

Asmara Piana
Peringati Hari Bersih Dunia, PJ Gubernur dan PLH Sekda Aceh Serta SKPA Pilah Sampah di Stadion Harapan Bangsa.(Dok Asmara Piana).

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id - PJ Gubernur Aceh Safrizal Dengan PLH Sekda Aceh Azwardi dan seluruh Kepala SKPA melakukan bersih-bersih sampah di komplek Stadion Harapan Bangsa pada Minggu 22 September 2024.

Selain di komplek stadion harapan bangsa, pemerintah Aceh juga membersihkan sampah di enam titik lokasi lainnya, diantaranya Stadion Dimurthala, Balai Meuseuraya Aceh, KM 0 Banda Aceh, Lapangan Tenis dan Rugby Lambung, Bandara Sultan Iskandar Muda dan Waduk Keuliling Aceh Besar.

Aksi bersih sampah ini dilakukan dalam rangka memperingati hari bersih-bersih sampah sedunia.

Aksi bersih sampah ini juga melibatkan seluruh ASN Pemerintah Aceh, Pemerintah Kota Banda Aceh, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, mahasiswa dan berbagai komunitas serta organisasi.

Dalam hal ini PJ gubernur Safrizal mengajak seluruh ASN dan masyarakat untuk menjadikan pola hidup sehat dan bersih sebagai sebuah kebudayaan.

Menurutnya kebersihan sangatlah penting untuk di terapkan karena sangat berkaitan dengan kesehatan.

Ia juga mengatakan bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman.

Oleh sebab itu ia mengatakan sudah saatnya dan sepatutnya Aceh sebagai daerah yang menerapkan syariat Islam, yang mana masyarakat mau menjaga kebersihan lingkungan.

Ia juga mengatakan bahwa peringatan hari bersih sedunia ini harus menjaga momentum menumbuhkan kesadaran hidup bersih dan seluruh lapisan masyarakat.

Sebab seiring dengan kemajuan ekonomi suatu daerah maka jumlah sampah dihasilkan masyarakat akan semakin bertambah.

Dan yang paling penting adalah mulai kebersihan dari diri sendiri terlebih dahulu menjaga kebersihan di lingkungan rumah sendiri, sebab kebersihan rumah menunjukan orang yang memiliki pola budaya hidup bersih.

Sedangkan PLH Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh Muhamad Daud, mengatakan total sampah yang terkumpul dalam aksi bersih-bersih di stadion harapan bangsa mencapai lebih dari tiga Ton sampah.

Ia juga mengatakan dalam kegiatan bersih sampah ini dipilah dalam empat kategori yaitu sampah organik, sampah plastik, sampah residu atau sampah yang tidak dapat di daur ulang serta Limbah B3.

Daud berkata dalam pemilihan sampah ini perlu kita lakukan agar pas membuang sampah ke TPA tidak terlalu banyak.

Ia juga menyampaikan ribuan terimakasih kepada semua unsur yang telah ikut serta atau berpartisipasi dalam aksi bersih sampah sedunia.

Dan ia juga sangat berterimakasih kepada sponsor dari berbagai dunia usaha.

Editor : Jamaluddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network