Petani di Kecamatan Juli Minta HRD Anggarkan Dana untuk Normalisasi Waduk Paya Peuraden

Musriadi
Petani di Kecamatan Juli Minta HRD Anggarkan Dana untuk Normalisasi Waduk Paya Peuraden.(iNews / Musriadi).

BIREUEN, iNewsPortalAceh.id - Para petani di sejumlah desa di Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen, Aceh, meminta H Ruslan Daud (HRD) untuk menganggarkan dana guna normalisasi Waduk Paya Peuraden, di Desa Peuraden, Kecamatan Juli.

Hal itu disampaikan petani di kecamatan tersebut saat HRD bersilaturrahmi dengan masyarakat Kecamatan Juli, Bireuen, Rabu (25/9/2024) sore.

Waduk Paya Peuraden yang memiliki luas mencapai 15 hektare itu mampu mengairi sawah seluas 530 hektare.

Waduk tersebut sudah pernah dilakukan normalisasi pada tahun 2014 atau 10 tahun lalu saat H Ruslan Bupati Bireuen.

Kini masyarakat setempat kembali meminta HRD untuk membantu normalisasi kembali.

"Selama ini waduk paya Peuraden ini sering kekeringan karena sudah dangkal, sehingga petani tidak bisa mengairi air ke sawah, kami butuh bantuan HRD kembali untuk mengusulkan dana guna mengeruk atau normalisasi waduk ini," harap Muhammad petani di kecamatan Juli.

Menyahuti keluhan dan harapan petani di kecamatan tersebut, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB), H Ruslan M Daud mengatakan, dirinya menyambut baik keluhan dan permintaan petani.

Kata HRD, waduk tersebut memang sudah lama mengalami pendangkalan, sehingga perlu dilakukan normalisasi agar bisa mengairi sawah di Kecamatan Juli.

Diterangkan HRD, secara teknis atau secara aturan waduk tersebut belum bisa menggunakan dana APBN, namun politisi terbaik PKB ini tetap mencari solusi untuk menyampaikan hal tersebut kepada menteri terkait di Jakarta.

"Jika dengan dana APBN belum bisa, masih bisa dicari solusinya lewat dana APBA atau APBK, apalagi saat ini ada 9 kursi dewan PKB di DPRA dan 7 kursi di DPRK," sebut HRD.

Tambah HRD, yang bisa menggunakan dana APBN normalisasi Irigasi Pante Lhong.

"Untuk waduk Paya Peuraden kita sama-sama cari solusinya lewat APBA atau APBK, supaya bisa segera dikeruk guna menampung atau menyimpan air sebanyak-banyaknya sehingga dapat mengairi sawah warga di Kecamatan Juli dan sekitarnya," ujarnya.

Waduk Paya Peuraden yang tidak jauh dari kawasan pegunungan arah sebelah selatan Kota Bireuen itu, merupakan satu-satunya sumber air bagi petani di sejumlah desa dalam kecamatan tersebut.

Editor : Jamaluddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network