get app
inews
Aa Read Next : Viral Kapal Ditumpangi Ratusan Rohingya Terbalik di Tengah Laut Aceh Barat

Wakili Aceh Barat Ikut Ajang MTQ, Dua Santri Suak Ribee Dipesijuk

Rabu, 15 Juni 2022 | 21:26 WIB
header img
Wakili Aceh Barat Ikut Ajang MTQ, Dua Santri Suak Ribe Dipesijuk. (Foto : Afsah - iNews TV)

ACEH BARAT, iNews id -Masyarakat Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, melakukan pelepasan dua santriwati yang terpilih sebagai perwakilan Aceh Barat dalam ajang MTQ tingkat Provinsi Aceh.

Pelepasan ini dilakukan dengan cara pesijuk, dan menggelar doa bersama yang dilaksanakan di mesjid Desa Suak Ribee, serta diikuti Oleh aparatur desa dan masyarakat desa setempat pada Rabu , (15/06/22).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kebanggaan masyarakat terhadap dua santriwati berprestasi dari Gampong Suak Ribee yang mewakili aceh barat untuk tampil tingkat provinsi.

Kedua santriwati tersebut yaitu, Salsabila Rizkina yang mewakili dalam Cabang Tilawah putri anak-anak, dan Dewi Husnaturraniza yang mewakili dalam Cabang Tahfiz putri anak-anak.

Kepala Desa Suak Ribee, . Sp. Mengatakan, kegiatan pelepasan tersebut atau biasa disebut pesijuk adalah tradisi aceh dan hal tersebut dilakukan atas inisiatif dari aparatur desa dan tokoh-tokoh yang ada didesa.

"Kita di Aceh ini kan sudah menjadi tradisi, dan ini adalah inisiatif dari kami aparatur desa dan tokoh-tokoh yang ada didesa" ungkapnya.

Khairuddin juga mengatakan bahwa pihak Gampong akan selalu mengsuport dan membiayai hal yang bersifat positif seperti ini.

Sementara itu Tgk. M. Isa selaku ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Gampong Suak Ribee juga menambahkan bahwa beliau bersyukur anak-anak tersebut bisa mewakili ke tingkat provinsi dan melewati berbagai tahapan mulai dari desa sampai kabupaten hingga ke provinsi.

"Alhamdulillah hari ini ada dua perwakilan ke tingkat provinsi, dan sudah melewati tingkat desa, kecamatan dan kabupaten. Semoga anak-anak kami bisa menang tingkat ini dan lanjut ke tingkatan selanjutnya" katanya Dia berharap untuk anak-anak yang lain kedepannya juga semakin giat dan bisa juga mewakili seperti kedua santriwati hari ini siap diberangkatkan.

Editor : Jamaluddin

Follow Berita iNews Portalaceh di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut