get app
inews
Aa Read Next : Teror Hewan Buas di Aceh Tengah, Ternak Warga Mati Mengenaskan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah Gelar Audisi Gita Bahana Nusantara 2022

Kamis, 16 Juni 2022 | 19:49 WIB
header img
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah, bersama Kabid Kebudayaan menyampaikan rencana audisi Gita Bahana Nusantara 2022 kepada Bupati Aceh Tengah pada 27 Juli 2022 mendatang. (Foto : Yusriadi - iNews TV)

TAKENGON, iNews.id- Setelah sukses menggelar festival budaya Gayo beberapa waktu lalu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah akan segera menggelar audisi Gita Bahana Nusantara 2022.

Kegiatan tingkat kabupaten ini dijadwalkan berlangsung 27 Juli 2022 di Aula Museum Negeri Gayo, Jalan Mess Time Ruang Kp. Kemili, Kota Takengen.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Uswatuddin, melalui surat No: 430/284/Disdikbud meminta seluruh rektor dan dekan perguruan tinggi serta kepala SMA/MA/SMK di Kabupaten Aceh Tengah untuk mengirim perwakilan dari tiap-tiap lembaga. 

"Untuk pendaftaran nantinya mulai dibuka 13 Juli dan ditutup pada 25 Juli 2022. Tentunya calon peserta bisa mendaftar langsung ke kantor dinas," ungkap Mahdi, Kabid Kebudayaan Aceh Tengah, saat memberi keterangan pers Kamis (16/6) di Gedung Olah Seni Takengon.

Menurutnya, Gita Bahana Nusantara merupakan ajang pengembangan bakat dan kreativitas siswa di sana. Audisi ini dilakukan berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

Dimana, empat peserta terbaik dari setiap provinsi akan mengikuti pembinaan nantinya di Jakarta dan akan bergabung pada paduan suara HUT RI di Istana Negara.

Secara teknis peserta audisi ini meliputi siswa/mahasiswa berusia 16-23 tahun. Berstatus belum menikah, bertalenta khusus dengan jenis suara sopran dan alto untuk putri, suara bass dan tenor untuk putra, serta menguasai notasi angka dan notasi balok.

Lain itu, pihaknya berharap kampus/sekolah untuk dapat menjaring dan melatih calon peserta yang akan mengikuti audisi.

Selama audisi berlangsung peserta akan membawakan lagu-lagu yang mencerminkan rasa dan sikap nasionalisme terhadap tanah air.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut