get app
inews
Aa Read Next : PLN Tapaktuan Inspeksi Jaringan Jaga Kehandalan Pasokan Listrik

Liga Santri PSSI Piala Kasad Ta 2022 Zona Kodim 0107 Aceh Selatan Resmi dibuka

Senin, 20 Juni 2022 | 21:50 WIB
header img
Liga Santri PSSI Piala Kasad Ta 2022 Zona Kodim 0107 Aceh Selatan Resmi dibuka. (Foto : Ichdar Ifan-iNews TV)

ACEH SELATAN, iNews.id - Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf M Yusuf, S.I.Kom secara resmi membuka turnamen bola kaki Liga Santri PSSI Liga Kasad Tahun 2022 di wilayah Kodim 0107/Aceh Selatan bertempat di Lapangan Naga Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Senin (20/6/2022).

Di wilayah Kodim 0107Aceh Selatan terdapat 4 Club yang ikut bertanding dalam rangka Liga Santri PSSI Liga Kasad Tahun 2022 ini, yaitu terdiri Pondok Pasantren Madrasah Ulumul Qur'an (MUQ) Tapaktuan, Dayah Mafatihul Ulum Kluet Selatan, Jabal Rahman Tapaktuan dan Dayah Rumah Tahfiz Alqur'an Berkah Cahaya (Caqur) Tapaktuan.

Pelaksanaan turnamen ini akan berlangsung selama tiga hari yang diperlombakan dengan metode sistem gugur dua hari dan satu hari babak semi final serta final.

Untuk hari pertama, Club yang bertanding Dayah MUQ Fc Vs Dayah Caqur Fc, kemudian hari kedua, Dayah Jabal Rahman vs Dayah Mafatihul Ulum fc.

Selanjutnya yang keluar sebagai juara pada hari ini akan berhadapan dengan klub yang juara pada esok hari yakni antar Dayah Jabal Rahman Fc vs Mafatihul Ulum.

Pembukaan turnamen sepak bola Liga Santri PSSI Liga Kasad Tahun 2022 secara serentak dan terpusat di seluruh Indonesia yang dibuka langsung oleh Kasad Jendral TNI Dudung Abdurrahman di Lapangan Stadion Merdeka Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Dalam kegiatan pembukaan Liga Santri di zona Kodim 0107/Aceh Selatan, Dandim Aceh Selatan membacakan amanat Kasad Jendral TNI Dudung Abdurrahman, dimana Kasad mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah bekerja keras menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini.

"Semoga seluruh rangkaian pertandingan dapat terselenggara dengan baik dan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan,"ucap Kasad dalam kata sambuatannya yang di bacakan Dandim Aceh Selatan, Letkol Inf. M.Yusuf.

Dandim melanjutkan, seperti kita ketahui bersama, bahwa sepak bola menjadi salah satu olahraga yang sangat diminati dan digemari oleh hampir semua orang dari berbagai kalangan usia dan lapisan masyarakat, sehingga tidak ada jenis olahraga lain yang mendapatkan sambutan paling meriah dari masyarakat di berbagai negara selain sepak bola.

"TNl Angkatan Darat menaruh perhatian terhadap sepak bola sebagai salah satu cabang olahraga yang diharapkan mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Harapan itu yang menjadikan TNI AD bersama dengan PSSI tergugah untuk membangun sebuah komitmen bersama demi kemajuan dunia sepak bola tanah air dengan menyelenggarakan kompetisi Liga Santri yang akan diikuti seluruh santri pondok pesantren yang ada di Indonesia," lanjut Dandim 0107/Aceh Selatan.

Kemudian pertandingan tingkat Provinsi dari tanggal 7 Agustus sampai dengan 23 September 2022, serta pertandingan tingkat Nasional yang menampilkan tim-tim terbaik dari provinsi akan dilaksanakan dari tanggal 25 September sampai dengan 22 Oktober 2022.

Melalui kompetisi ini, diharapkan mampu menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air, bangsa dan negara dengan tetap berpedoman pada nilai-nilai religius keagamaan.

Disamping itu, kegiatan ini juga dapat berfungsi sebagai wahana dalam rangka pembinaan potensi sepak bola bagi generasi muda, sekaligus mencari talenta-talenta berbakat yang diharapkan dapat tampil pada level sepak bola yang lebih tinggi, baik tingkat nasional maupun internasional.

“Hanya pemain yang bermental kuat lah dan memiliki jiwa petarung yang akan mencapai kemenangan dan hasil terbaik dalam setiap pertandingan. Untuk itu, junjung tinggi sportivitas dengan mengedepankan rasa persahabatan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan dalam rangka meningkatkan soliditas dan solidaritas sesama santri”. Kasad juga meminta agar pemain dapat menunjukkan kemampuan yang dimiliki seoptimal dan semaksimal mungkin untuk mencapai prestasi yang terbaik.

Hindari perilaku emosiona|, dengan demikian akan diketahui kemampuan kalian yang sebenarnya.

Selain itu diharapkan agar para peserta serius dan tetap fokus mengikuti pertandingan.

Jangan dipandang sebagai hal yang biasa, sehingga tidak mampu mengambil hikmah terpenting dari kegiatan ini. Kepada para wasit, perangkat dan penyelenggara pertandingan, Kasad juga mengharapkan dapat melaksanakan tugas dengan baik, obyektif dan menjunjung tinggi fair play.

Seusai membuka kegiatan tersebut, secara terpisah Dandim Aceh Selatan juga menyampaikan terimakasihnya kepada Pemda Aceh Selatan dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olah Raga, PSSI Kabupaten Aceh Selatan dan semua pihak yang telah mendukung turnamen ini, sehingga Liga Santri PSSI Liga Kasad Tahun 2022 khususnya Zona Kodim 0107/Aceh Selatan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.

"Kita berharap, pertandingan ini dapat menciptakan bibit atlit sepak bola yang unggul, sehingga mampu mengharumkan nama kabupaten Aceh Selatan di kancah nasional,"imbuh Dandim.

Acara pembukaan Liga Santri tersebut juga, dihadiri Bupati Aceh Selatan Tgk Amran yang diwakili Asisten III Sekdakab Aceh Selatan Halimuddin, Kapolres Aceh Selatan AKBP Ardanto Nugroho, SH, S.I.K,MH, M.Kn, Ketua DPRK Aceh Selatan Amiruddin, Ketua PSSI Aceh Selatan, Irwandi, SP, MP, Kepala SKPK Pemda Kabupaten Aceh Selatan, Danramil dan Danposramil jajaran, Para Perwira Staf Kodim dan para undangan lainnya serta di saksikan ratusan mata penonton masyarakat Kabupaten Aceh Selatan.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut