get app
inews
Aa Read Next : Satu Unit Rumah Warga Ludes Terbakar, PT Nafasindo Serahkan Bantuan

PCI Aceh Singkil Terancam Punah, Pemkab Diminta Cari Solusi

Minggu, 03 Juli 2022 | 17:00 WIB
header img
PCI Aceh Singkil Terancam Punah, Pemkab Diminta Cari Solusi. (Foto:Suparman Munthe-iNews TV/ MNC)

ACEH SINGKIL, iNews.id - Ombak pasang di Pantai Cemara Indah (PCI), Desa Gosong Telaga Selatan, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil ancam keberadaan pantai itu.

Seperti yang terjadi pada, Minggu (3/7/2022), ombak besar dari laut menerjang pondok pedagang hingga ke jalan pantai itu.

Kejadian itu mengakibatkan sejumlah pondok terancam roboh akibat terpaan ombak besar itu.

Selain ombak pasang laut itu, abrasi yang terjadi di pantai itu juga sudah lama mengikis bibir pantai dan mengancam keberadaan pantai.

Salah seorang petugas pantai, Supardi, mengatakan hal itu sudah lama terjadi namun hingga kini belum ada tindakan nyata untuk menanggulanginya.

"Hal ini sudah sering terjadi, ombak laut menerpa pondok pedagang hingga sampai ke jalan", katanya.

Selain itu, kata dia, abrasi yang terjadi sudah menahun itu pun semakin mengikis bibir pantai sehingga jika dibiarkan berlarut - larut bibir pantai akan semakin kecil.

Supardi meminta agar Pemerintah Kabupaten, Propinsi, hingga Pemerintah Pusat segera mencari solusi untuk menanggulangi itu.

"Kita sudah pernah mengusulkan untuk penanganan itu kepada dinas terkait, namun belum ada realisasinya hingga saat ini", jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung pantai, Jamaluddin mengatakan sangat menyayangkan jika kejadian - kejadian seperti abrasi dan terpaan ombak hingga ke jalan lokasi pantai itu di biarkan.

"Jika dibiarkan ini sangat mengkhwatirkan, keberadaan Pantai Cemara Indah sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten ini akan terancam", kata Jamal.

Ia meminta Pemerintah agar memberi perhatian penuh terhadap keberadaan pantai itu. "Saya berharap Pemerintah Daerah hingga ke Pemerintah Pusat agar memberi perhatian penuhlah terhadap lokasi objek wisata PCI ini", pintanya.

Jamal menyarankan kepada Pemerintah agar membuat tanggul atau sejenisnya yang dapat sebagai pemecah ombak, sehingga ombak pantai ini dapat terbendung sehingga tidak menjadi kekhawatiran kita bersama.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut