get app
inews
Aa Read Next : Inggris Prihatin, Benteng Perlindungan Terakhir Warga Gaza di Rafah Bakal Diserang Israel

Ratu Elizabeth II Mangkat, Lagu Kebangsaan Inggris Berubah Jadi 'God Save The King'

Jum'at, 09 September 2022 | 09:33 WIB
header img
Pemimpin Inggris, Ratu Elizabeth II, mangkat pada Kamis (8/9/2022). (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Lirik lagu kebangsaan Inggris Raya akan berubah setelah Ratu Elizabeth II mangkat. Lagu berjudul "God Save the Queen" itu bakal berganti menjadi "God Save the King," saat Raja Charles III naik takhta.

Ratu Elizabeth meninggal pada Kamis (8/9/2022) di usia 96 tahun. Dia adalah pemimpin monarki tertua di dunia yang memerintah pada era modern, dengan periode kekuasaan selama 70 tahun.

Setelah kematian sang ratu, putra tertuanya, Pangeran Charles, naik takhta. Karena Charles naik takhta, lirik "God Save the Queen" (Tuhan Menjaga Sang Ratu) diubah menjadi "God Save the King" (Tuhan Menjaga Sang Raja).

Semua lirik lagu itu akan tetap sama, kecuali kata ganti orang ketiga perempuan (she/her) diganti dengan kata ganti orang ketiga laki-laki (he/his), dan kata "ratu" diganti dengan "raja".

"God Save the King" sebenarnya memang judul asli lagu tersebut. Lagu itu ditulis pada 1745 dan dikenal sebagai lagu kebangsaan Inggris pada awal abad ke-19, menurut situs resmi Keluarga Kerajaan.

Ratu Elizabeth II naik takhta pada 1952. Ketika itu, lirik lagu kebangsaan Inggris masih berupa "God Save The King," untuk menghormati Raja George VI.

Dalam sebuah pernyataan yang diterima media yang berbasis di AS, Insider, Istana Buckingham mengungkapkan Ratu Elizabeth II meninggal dengan damai di Kastil Balmoral, Skotlandia, pada Kamis (8/9/2022).

"Raja dan Permaisuri akan tetap berada di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok (Jumat, 9/9/2022)," ungkap pernyataan itu.

Dalam pernyataan terpisah, Raja Charles III--nama panggilan resmi Pangeran Charles sekarang--menyebut kematian sang ibunda sebagai kesedihan terbesar baginya dan semua anggota keluarga kerajaan.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut