Kota Tertua di Indonesia yang Memiliki Banyak Sejarah, Aceh Kota Islam Tertua di Asia Tenggara

Tati Rukmanah
.
Kamis, 22 September 2022 | 23:53 WIB
Kota tertua di Indonesia, banyak juga yang belum mengetahui sejarahnya. (Foto: Antara).

BANDA ACEH, iNewsPortalAceh.id - Kota tertua di Indonesia, banyak juga yang belum mengetahui sejarahnya. Kota ini menjadi tempat wisata bersejarah yang bisa menambah pengetahuan.

Usia kota-kota tersebut bahkan melebihi usia kemerdekaan Indonesia. Ada yang usianya mencapai ribuan tahun.

Ingin tahu lebih lanjut kota mana saja yang menjadi kota tertua di Indonesia? Ikuti dan simak terus artikel ini.

Berikut daftar kota tertua di Indonesia:

1. Palembang.

Pada zaman dahulu, Palembang merupakan ibu kota dari Kerajaan Sriwijaya. Diketahui kota ini sudah ada sejak 16 Juni 682 Masehi dilihat dari prasasti Kedukan Bukit, Bukit Siguntang, Palembang.

2. Salatiga.

Kota ini memiliki sejarah yang bersumber dari Prasasti Plumpungan di Dukuh Plumpungan, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo. Kota salatiga diketahui sudah ada sejak 14 Juli 750 Masehi sebagai wilayah perdikan.

Fakta ini diketahui bersumber dari prasasti yang ditemukan. Wilayah ini merupakan hal istimewa pada saat itu karena tidak semua daerah akan mendapatkannya.

Usianya bisa dibilang sama seperti kota Palembang yang sudah lebih dari 1.000 tahun.

3. Kediri.

Kota ini sudah ada sejak 27 Juli 879 Masehi. Kediri termasuk salah satu kota tertua di Indonesia karena ditemukannya prasasti yang menjadi sejarah kota Jawa Timur, yaitu Prasasti Kwak.

Prasasti tersebut ditemukan pada 1892.

4. Magelang.

Magelang merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Diketahui kota ini sudah berusia lebih dari 1.000 tahun.

Magelang merupakan rumah bagi Candi Borobudur yang menjadi salah satu keajaiban dunia. Pada zaman dahulu, menurut Prasasti Mantyasih, kota ini berdiri pada 11 April 907 Masehi, Sabtu Legi, pada masa pemerintahan Sri Maharaja Rakai Watukura Dyah Balitung di Kerajaan Mataram Kuno.

5. Banda Aceh.

Kota Aceh merupakan kota yang dibangun oleh Sultan Johan Syah pada 1 Ramadhan 601 Hijriah atau pada 22 April 1205 Masehi. Banda Aceh dikenal sebagai kota Islam tertua di Asia Tenggara.

“Dulu dikenal nama Banda Aceh sebagai Bandar Darussalam dan ini kota Ini adalah Kota Islam Tertua di Asia Tenggara,” ujar Wali Kota Banda Aceh periode 2017-2022, Aminullah Usman dikutip dari laman diskominfo.bandaacehkota.go.id.

Dapat disimpulkan juga, di Banda Aceh mayoritas atau bahkan hampir seluruh penduduknya beragama Islam.

6. Surabaya.

Merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Timur ini menjadi salah satu kota tertua di Indonesia. Ditetapkannya kota ini pada 31 Mei 1293 yang artinya sudah berusia 728 tahun.

Hari jadi dari kota ini bertepatan dengan kemenangan dari pasukan Majapahit yang dipimpin oleh Raden Wijaya atas pasukan kerajaan Mongol yang diutus oleh Kubilai Khan.

7. Bau-Bau.

Terletak di Sulawesi Utara. Kota ini baru mendapatkan status kota nya pada 2001. Namun, kota ini sudah didirikan pada 17 Oktober 1541.

Salah satu peninggalan yang bisa ditemui di kota ini, yaitu objek wisata Kompleks Keraton Buton yang diketahui menjadi bukti peninggalan kejayaan Kesultanan Buton yang sudah ratusan tahun lalu.

Itu dia daftar kota tertua di Indonesia yang memiliki banyak sejarah di dalamnya

Editor : Jamaluddin
Bagikan Artikel Ini