get app
inews
Aa Read Next : Pertama di Jambi, Menteri AHY Serahkan Sertipikat Tanah Elektronik untuk Tanah Ulayat

Menkeu: Gejolak Global Harus Diwaspadai tapi Bukan Berarti Kita Gentar

Senin, 10 Oktober 2022 | 11:43 WIB
header img
Menkeu Sri Mulyani sebut gejolak global harus diwaspadai tapi bukan berarti kita gentar (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Indonesia harus mewaspadai gejolak ekonomi dunia.

Namun, jangan gentar dan tetap optimistis ekonomi Indonesia akan terus tumbuh.

"Gejolak global ini memang harus diwaspadai, tapi bukan berarti kita gentar. Optimistis, namun waspada," kata dia, dalam Pembukaan Profesi Keuangan Expo 2022 secara virtual pada Senin (10/10/2022).

Dia menuturkan, perekonomian Indonesia saat ini masih menjalani proses pemulihan setelah dihantam pandemi Covid-19 di tengah risiko lain yang muncul seperti perang Rusia-Ukraina yang memberi dampak pada ekonomi dunia.

Menurutnya, ini adalah proses yang sangat menantang.

"Di saat kita melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II 2022 menguat di 5,4 persen, di sisi lain kita melihat risiko baru yang muncul dalam bentuk ketegangan geopolitik di Eropa yang telah menimbulkan banyak sekali dampak negatif, mulai dari krisis pangan, krisis energi, dan potensi krisis keuangan," tuturnya.

Dia mengatakan, dalam menghadapi berbagai peristiwa yang berdampak serius pada perekonomian Indonesia, APBN hadir sebagai shock absorber.

Menurutnya, pemerintah akan terus menggunakan instrumen fiskal agar mampu melindungi masyarakat dan perekonomian Indonesia.

"Ini adalah sebuah tantangan yang tidak mudah. Oleh karena itu, saya ingin mengajak semua profesi keuangan untuk ikut menjaga sektor keuangan dengan bersikap waspada dan profesional," ucapnya.

Editor : Jamaluddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut